Adat Mauluei Tando Dalam Perkawinan Suku Aneuk Jame Di Gampong Padang Bakau Kecamatan Labuhanhaji

Reni Mailiza Putri, 180501069 (2022) Adat Mauluei Tando Dalam Perkawinan Suku Aneuk Jame Di Gampong Padang Bakau Kecamatan Labuhanhaji. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Adat Mauluei Tando Dalam Perkawinan Suku Aneuk Jame Di Gampong Padang Bakau Kecamatan Labuhanhaji] Text (Adat Mauluei Tando Dalam Perkawinan Suku Aneuk Jame Di Gampong Padang Bakau Kecamatan Labuhanhaji)
Reni Mailiza Putri, 180501069, FAH, SKI, 085361528487.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Proses, Mauluei tando, Makna, dan Melestarikannya Adat Mauluei tando Dalam Perkawinan Suku Aneuk Jame. Mauluei tando adalah proses meminang yang dilakukan oleh niniak mamak pengantin laki-laki dan pengantin perempuan dan melaporkan kepada keuchik untuk pelaksanaan pertunangan. Gambaran umum memiliki makna budaya adat istiadat dari aneuk jame ke generasi-generasi agar adat istiadat tidak hilang dan memperkuat dan menjalani silaturahmi. Hasil Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisa dengan kritis tentang proses perkawinan mauluei tando, syarat-syarat yang diperlukan, makna dan fungsi mauluei tando yang ada dan anggapan masyarakat tentang Adat Perkawinan Mauluei Tando Suku Aneuk Jame, dan melestarikan mauluei tando dikalangan masyarakat Gampong Padang Bakau. Metode yang digunakan dalam penelitian kebudayaan ini adalah kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif, instrument yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses Pelaksanaan Mauluei Tando Suku Aneuk Jame diawali dari(1)Risiak(2)Bisiak(3)Mauluei Tando. Tradisi yang pertama dilakukan antara kekeluargaan setelah ada sambutan antara keluarga. Maka setelah mendapat jawaban dari pihak calon perempuan dan disepakati tentang jinamo. Makna dan fungsi mauluei tando diselenggarakan bertujuan sebagai sarana untuk melestarikan budaya adat istiadat Aneuk Jame ke generasi-generasi agar adat istiadat tidak hilang dan memperkuat dalam menjalin silaturahmi. Melestarikan Adat mauluei tando atau tradisi kebiasaan masyarakat Gampong Padang Bakau.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Reni Mailiza Putri
Date Deposited: 26 Oct 2022 03:00
Last Modified: 26 Oct 2022 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23970

Actions (login required)

View Item
View Item