Hubungan Self-Esteem Dengan Perilaku Cyberloafing Pada Karyawan Bank Syariah Indonesia (BSI) Wilayah Darussalam

Dara Sakinah, 180901047 (2022) Hubungan Self-Esteem Dengan Perilaku Cyberloafing Pada Karyawan Bank Syariah Indonesia (BSI) Wilayah Darussalam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Psikologi.

[thumbnail of Hubungan Self-Esteem Dengan Perilaku Cyberloafing Pada Karyawan Bank Syariah Indonesia (BSI) Wilayah Darussalam] Text (Hubungan Self-Esteem Dengan Perilaku Cyberloafing Pada Karyawan Bank Syariah Indonesia (BSI) Wilayah Darussalam)
Dara Sakinah, 180901047, FPS, PSI, 0895320401950.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penyediaan koneksi internet di tempat bekerja seringkali disalahgunakan oleh para pekerja itu sendiri, seperti menggunakan koneksi internet untuk kepentingan pribadi pada saat jam kerja. Aktivitas menggunakan internet kantor untuk kepentingan pribadi pada saat jam kerja ini disebut cyberloafing. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku cyberloafing adalah self-esteem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-esteem dengan perilaku cyberloafing pada karyawan Bank Syariah Indonesia (BSI) Wilayah Darussalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala self-esteem yang disusun berdasarkan aspek yang dikemukakan oleh Coopersmith (1967) dan skala perilaku cyberloafing yang disusun berdasarkan aspek yang dikemukakan oleh Lim (2002). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 orang dengan teknik sampling jenuh yang artinya semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Metode pengolahan data menggunakan korelasi Spearman karena data dalam penelitian ini tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai korelasi -0.110 dan nilai signifikansi 0.367 (> 0.05) yang berarti hipotesis ditolak. Hal ini menunjukkan tidak ada hubungan antara self-esteem dengan perilaku cyberloafing

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Dara Sakinah
Date Deposited: 26 Oct 2022 03:00
Last Modified: 26 Oct 2022 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23972

Actions (login required)

View Item
View Item