Penerapan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Pesawat Sederhana

Kamelia, 160204018 (2022) Penerapan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Pesawat Sederhana. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Mind Mapping] Text (Mind Mapping)
Kamelia, 160204018, FTK, PFS, 085362451277.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Mata pelajaran fisika yang sarat dengan konsep dan perhitungan, dari konsep dan perhitungan yang sederhana hingga yang kompleks dan abstrak, sangatlah diperlukan pemahaman yang benar terhadap konsep dasar yang membangun konsep tersebut. Saat ini kegiatan belajar mengajar yang dilakukan masih berpusat pada guru yang mengakibatkan kemampuan pemahaman konsep siswa belum sepenuhnya dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Mind Mapping dalam pembelajaran fisika dapat meningkatkan pemahaman konsep pada materi pesawat sederhana di kelas VIII SMP 4
Blangkejeren. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII (1) dan kelas VIII (2) SMP 4 Blangkejeren yang masing-masing kelas berjumlah 22 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain Quasi Eksperimental yang berbentuk Nonequivalent Control Group Design. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen pre-test dan Post-test dengan jumlah soal masing-masing sebanyak 20 butir berbentuk pilihan ganda yang berkaitan dengan pesawat sederhana. Hasil analisis diperoleh sebesar 5,4 dimana thitung > ttabel, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep pada siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Kamelia Kamel
Date Deposited: 26 Oct 2022 03:08
Last Modified: 26 Oct 2022 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23975

Actions (login required)

View Item
View Item