Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Nilai Alquran Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMP Negeri 2 Kabupaten Aceh Besar

Nur Aifa Zahara, 160207044 (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Nilai Alquran Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMP Negeri 2 Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Nilai Alquran Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMP Negeri 2 Kabupaten Aceh Besar] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Nilai Alquran Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMP Negeri 2 Kabupaten Aceh Besar)
Nur Aifa Zahara, 160207044, FTK, PBL, 085362507305.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan media pembelajaran audiovisual berbasis nilai-nilai alquran pada materi sistem pernapasan pada manusia ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pendukung pembelajaran yang digunakan pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, menguji kelayakan media pembelajaran, dan menganalisis respon peserta didik terhadap media pembelajaran. Rancangan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. Tahapan model ADDIE terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian terdiri dari 35 peserta didik, 2 ahli media dan 2 ahli materi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media, ahli materi, dan angket respon peserta didik. Analisis data menggunakan teknik analisis uji kelayakan dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berdasarkan kualitas media diperoleh hasil 80.71% dengan kriteria layak, kelayakan berdasarkan materi mendapatkan hasil 81.75% dengan kriteria layak, dan hasil respon peserta didik mendapat hasil 89.14% dengan kriteria sangat tertarik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audiovisual berbasis nilai alquran pada materi sistem pernapasan pada manusia di SMP Negeri 2 Aceh Besar sangat layak digunakan sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Aifa Zahara Nur Aifa Zahara
Date Deposited: 26 Oct 2022 03:12
Last Modified: 26 Oct 2022 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23976

Actions (login required)

View Item
View Item