Pengembangan Materi Muhadatsah Dengan Program Microsoft Powerpoint Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa (Penelitan R&D di Kampus STAI Darul Hikmah Aceh Barat).

Maulida, 30183808 (2022) Pengembangan Materi Muhadatsah Dengan Program Microsoft Powerpoint Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa (Penelitan R&D di Kampus STAI Darul Hikmah Aceh Barat). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Materi Muhadatsah dengan program Microsoft Powerpoint dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa (Penelitan R&D di kampus STAI Darul Hikmah Aceh Barat).] Text (Pengembangan Materi Muhadatsah dengan program Microsoft Powerpoint dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa (Penelitan R&D di kampus STAI Darul Hikmah Aceh Barat).)
Maulida, 30183808, PS, PBA, 085370669681.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Dari hasil observasi, tercatat bahwa sebagian besar mahasiswa hanya dapat menghafal dan memahami kosakata saja, tetapi tidak dapat menggabungkan kosakata dalam bentuk kalimat dan tidak dapat mempergunakan dalam berkomunikasi bahasa arab, penyebabnya karena media pengajaran yang digunakan oleh dosen kurang tepat dan waktu yang singkat untuk menyampaikan dengan dosen. Hal ini membuat mahasiswa kesulitan dalam merangkai kalimat bahasa Arab dan ketidakmampuan berkomunikasi dengan bahasa Arab. Dan setelah peneliti membagi Angket kepada mahasiswa, peneliti menemukan bahwa mahasiswa menyukai materi percakapan dan membutuhkan media pembelajaran yang memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan percakapan, dan mereka membutuhkan pengembangan materi percakapan dengan media pembelajaran. Oleh karena itu, dosen membutuhkan media pembelajaran yang telah dikembangkan untuk menampilkan pelajaran tersebut. Berdasarkan fenomena tersebut, maka peneliti berusaha mengatasi permasalahan yang terjadi dengan cara mengembangkan pelajaran muhadatsah dalam meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa dengan program Microsoft Powerpoint. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan pelajaran muhadatsah dalam meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa dengan program Microsoft Powerpoint dan bagaimana efektifitas produk. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah R&D. Instrumen penelitian yang peneliti gunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian yang peneliti peroleh adalah: pengembangan pelajaran muhadatsah dalam meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa dengan program Microsoft Powerpoint mengikuti 10 langkah yang telah ditentukan, dan nilai t test (t- hitung = 23,18) lebih besar dari nilai (t– tabel dengan tingkat signifikan 5% =2,11 dan tingkat signifikan 1% =2,90) maka hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima dengan arti bahwa program microsoft powerpoint efektif meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada pelajaran muhadatsah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Maulida Maulida
Date Deposited: 26 Oct 2022 04:14
Last Modified: 26 Oct 2022 04:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23980

Actions (login required)

View Item
View Item