Peer Review artikel Mahar Practice In Pidie Community Marriage, Analysis Of Maqāṣid Al-Syarῑ‘ah

Tarmizi M. Jakfar, 196011191990011001 (2022) Peer Review artikel Mahar Practice In Pidie Community Marriage, Analysis Of Maqāṣid Al-Syarῑ‘ah. Program Studi Magister Hukum Keluarga Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

[thumbnail of Peer Review artikel Mahar Practice In Pidie Community Marriage, Analysis Of Maqāṣid Al-Syarῑ‘Ah] Text (Peer Review artikel Mahar Practice In Pidie Community Marriage, Analysis Of Maqāṣid Al-Syarῑ‘Ah)
Mahar Practise.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Memberikan mahar dengan kadar tinggi bagi masyarakat Pidie merupakan wujud penghormatan laki-laki kepada wanita. Bagi sebagian masyarakat Pidie, praktik ini dirasa memberatkan sehingga pernikahan menjadi tertunda. Untuk mengatasi masalah ini masyarakat Pidie mempraktikkan penanggungan bersama kadar mahar sehingga mengurangi beban calon suami.
Praktik penanggungan mahar secara bersama ini dianggap mewakili prinsip maqāṣid alsyarῑ ‘ah, jika melihat kepada tujuan pernikahan itu sendiri antara lain berlangsungnya keturunan dan terbinanya hidup berumah tangga secara rukun dan langgeng. Kajian ini difokuskan untuk menjawab dua aspek; 1) bagaimana praktik mahar dalam perkawinan masyarakat Pidie?; dan 2) Apakah praktik mahar dalam perkawinan masyarakat Pidie sudah sesuai dengan maqāṣid al-syarῑ ‘ah? Untuk menjawab dua persoalan tersebut, kajian ini dilakukan dengan pendekatan maqāṣidi. Dalam penerapan, pendekatan maqāṣidi menuntut adanya dua tahap penelitian, yaitu tahap penemuan nilai (takhrij al-manāṭh) dan tahap pemahaman terhadap realitas (tahqiq al-manāṭh).

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Perbandingan Mazhab
Depositing User: Tarmizi M. Jakfar
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:39
Last Modified: 31 Oct 2022 03:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23987

Actions (login required)

View Item
View Item