Peer Review artikel Perspektif Al-Quran dan Sunnah tentang Toleransi

Tarmizi M. Jakfar, 196011191990011001 (2022) Peer Review artikel Perspektif Al-Quran dan Sunnah tentang Toleransi. Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

[thumbnail of Peer review artikel Perspektif Al-Quran dan Sunnah tentang Toleransi] Text (Peer review artikel Perspektif Al-Quran dan Sunnah tentang Toleransi)
Perspektif Al-Quran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Islam adalah agama yang sangat toleran terhadap siapapun termasuk kepada non muslim. Dengan tingginya rasa toleransi yang dibawa membuat agama ini mudah diterima dan cepat berkembang terutama pada masa-masa awal kehadirannya di tanah Arab. Hakikat dari toleransi adalah kemudahan dalam setiap ajarannya serta tenggang rasa terhadap perbedaan yang ada, termasuk dalam hal akidah ketika berhadapan dengan agama lain. Artikel ini bermaksud menelaah toleransi dalam perspektif Alquran dan sunnah. Telaah terhadap pandangan Alquran dan sunnah memperlihatkan bahwa bentuk dan sifat toleransi ini tergambar jelas dalam al-Qur'an dan sunnah Nabi, juga dalam sirah kehidupan para sahabat dan ulama-ulama salaf lainnya yang memahami kedua sumber Islam ini dengan baik. Pengakuan akan tingginya rasa toleransi yang dibawa oleh agama samawi terakhir ini sesungguhnya bukan saja diakui dan dirasakan oleh umat Islam sendiri, tetapi juga mendapat pengakuan dari kalangan non muslim Barat yang berupaya menilai Islam secara objektif.

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X2 Hadis dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Perbandingan Mazhab
Depositing User: Tarmizi M. Jakfar
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:38
Last Modified: 31 Oct 2022 03:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23988

Actions (login required)

View Item
View Item