Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Model Problem Solving di Kelas V MIN Rukoh Kota Banda Aceh

Fadhlul Rahman, 201121753 (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Model Problem Solving di Kelas V MIN Rukoh Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tengan Hasil Belajar)
Fadhlul Rahman.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Model problem solving adalah sebuah model pembelajaran dimana peserta didik dihadapkan pada suatu kondisi bermasalah. Model problem solving merupakan model pembelajaran yang mengedepankan keberanian siswa dalam menghadapi suatu persoalan yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk (a) Mengetahui aktifitas siswa pada mata pelajaran IPS dengan penerapan model problem solving di kelas V MIN Rukoh Kota Banda Aceh. (b) Untuk mengetahui aktifitas guru pada mata pelajaran IPS dengan penerapan model problem solving di kelas V MIN Rukoh Kota Banda Aceh. (c) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan model problem solving pada siswa kelas V MIN Rukoh Kota Banda Aceh pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan (1) lembar observasi aktivitas guru dan siswa dan (2) tes. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) aktifitas guru meningkat dari 85,71% pada siklus pertama menjadi 95,23% pada siklus II, (2) aktifitas siswa meningkat dari 76,19% pada siklus pertama menjadi 91,67%, (3) hasil tes pada siklus siklus pertama 66,67% meningkat menjadi 88,89% pada siklus ke II. Oleh demikian, proses pembelajaran harus ditingkatkan dengan mengembangkan model peembelajaran yang tepat, agar hasil belajar siswa tercapai secara efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Mawardi, Mpd 2. Darmiah, MA
Uncontrolled Keywords: Aktfitas Siswa, Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: FADHLUL RAHMAN
Date Deposited: 02 Feb 2018 02:55
Last Modified: 02 Feb 2018 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2399

Actions (login required)

View Item View Item
TOP