Pendekatan Dakwah Dalam Prosesi Adat Perkawinan Dikecamatan Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya

Melly Taslima JS, 170403050 (2022) Pendekatan Dakwah Dalam Prosesi Adat Perkawinan Dikecamatan Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Pendekatan Dakwah Dalam Prosesi Adat Perkawinan Dikecamatan Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya] Text (Pendekatan Dakwah Dalam Prosesi Adat Perkawinan Dikecamatan Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya)
Melly Taslima JS, 170403050, FDK, MD, 083146440206.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Interaksi agama dan budaya merupakan hasil dari memberikan nuansa tersendiri bagi keberlangsungan dakwah Islam. Tidak mengherankan eksistensi Islam dapat diterima oleh berbagai kalangan umat manusia. Pendekatan dakwah oleh berbagai lapisan masyarakat bersifat humanis menjadikan dakwah Islam mudah untuk dicerna dan diterima, artinya aktifitas dakwah dapat direalisasikan dalam berbagai kegiatan apapun dengan pertimbangan bahwa aktifitas yang dilakukan memiliki maksud dan tujuan mengajak kepada kebaikan. Prosesi adat pernikahan dalam masyarakat Kecamatan Tangan-Tangan merupakan salah satu bentuk harmonisasi tradisi budaya dengan Islam. Dialogis budaya dan nilai-nilai Islam yang tersirat didalamnya adalah pesan-pesan dakwah menjadikan prosesi adat pernikahan masyarakat di Kecamatan Tangan-Tangan memiliki daya tarik tersendiri, dan lebih cenderung menggunakan pendekatan dakwah kultural dengan metode dakwah bil al hal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosesi adat perkawinan dalam masyarakat Kecamatan tangan-Tangan dapat dikategorikan dalam 2 hal utama. Pertama adalah fase sebelum pernikahan atau pra-nikah. Kedua adat dalam ritual perkawinan, selanjutnya pendekatan dakwah dalam adat perkawinan di Kecamatan Tangan-Tangan, pada dasarnya, dakwah meliputi dakwah bil lisan (dakwah dengan lisan) dan dakwah bil hal (dakwah tindakan nyata). Namun pendekatan dakwah dalam adat perkawinan di Kecamatan Tangan-Tangan lebih cenderung kepada dakwah kultural, yaitu aktivitas dakwah yang menekankan pada pendekatan Islam kultural. Kemudian, unsur-unsur dakwah dalam adat perkawinan di Kecamatan Tangan-Tangan secara umum dapat dipahami secara tradisi serta dapat mencerminkan dakwah secara tauhid, syariah dan akhlak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Melly Taslima JS
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:39
Last Modified: 27 Oct 2022 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23993

Actions (login required)

View Item
View Item