Penerapan Kebijakan Sistem Zonasi dalam Rekrutmen Peserta Didik Baru Tingkat sekolah Dasar di Dinas Pendidikan Gayo Lues

Selvia Wulandari Zulham, 170206008 (2022) Penerapan Kebijakan Sistem Zonasi dalam Rekrutmen Peserta Didik Baru Tingkat sekolah Dasar di Dinas Pendidikan Gayo Lues. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Kebijakan Sistem Zonasi dalam Rekrutmen Peserta Didik Baru Tingkat sekolah Dasar di Dinas Pendidikan Gayo Lues] Text (Penerapan Kebijakan Sistem Zonasi dalam Rekrutmen Peserta Didik Baru Tingkat sekolah Dasar di Dinas Pendidikan Gayo Lues)
Selvia Wulandari Zulham, 170206008, FTK, MPI, 082242786067.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kesenjangan perolehan peserta didik dalam rekrutmen peserta didik baru antara sekolah yang dipersepsikan sebagai sekolah unggul atau favorit dengan sekolah yang dipersepsikan tidak favorit pada sekolah tingkat Sekolah Dasar kabupaten Gayo Lues, Sehingga Dinas Pendidikan Gayo Lues menerapkan kebijakan sistem zonasi dalam rekrutmen peserta didik baru tingkat Sekolah Dasar berlandasan pada Permendikbud Nomor 17 tahun 2017 mengenai kebijakan penerapan sistem zonasi dalam rekrutmen peserta didik baru. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kebijakan sistem zonasi dalam rekrutmen peserta didik baru tingkat Sekolah Dasar di Dinas Pendidikan Gayo Lues dan untuk mengetahui dampak dari penerapan kebijakan sistem zonasi dalam rekrutmen peserta didik baru di Dinas Pendidikan Gayo Lues. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) penerapan kebijakan sistem zonasi merupakan kebijakan dari pemerintah pusat dan kebijakan pemerintah daerah yang sudah berlangsung sejak tahun 2019 dengan tujuan penerapan menyeluruhnya peserta didik baik itu di sekolah favorit maupun non-favorit. 2) Dampak positif penerapan kebijakan sistem zonasi diperoleh:a. Meratanya peserta didik di setiap satuan lembaga pendidikan, b. Tidak ada lebel sekolah favorit dan non-favorit, dan c. Jarak tempuh sekolah dengan rumah peserta didik menjadi lebih dekat. Sedangkan Dampak negatif dari penerapan kebijakan sistem zonasi diperoleh yaitu: a. Tidak adanya persaingan dalam mutu sekolah, b. Tidak adanya tantangan bagi peserta didik yang berprestasi dalam proses pembelajaran dan c. Pola pikir peserta didik cenderung sempit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 379 Isu kebijakan publik menyangkut pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Selvia Wulandari Zulham Selvia
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:42
Last Modified: 27 Oct 2022 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23994

Actions (login required)

View Item
View Item