Kepemimpinan Kepala Tenaga Administrasi Dalam Penguatan Pelayanan Persuratan Di SMP IT Nurul Ishlah Banda Aceh

Hendriawan, 180206001 (2022) Kepemimpinan Kepala Tenaga Administrasi Dalam Penguatan Pelayanan Persuratan Di SMP IT Nurul Ishlah Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Kepemimpinan Kepala Tenaga Administrasi Dalam Penguatan Pelayanan Persuratan Di SMP IT Nurul Ishlah Banda Aceh] Text (Kepemimpinan Kepala Tenaga Administrasi Dalam Penguatan Pelayanan Persuratan Di SMP IT Nurul Ishlah Banda Aceh)
Hendriawan, 180206001, FTK, MPI, 085282478939.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil studi tentang penguatan pelayanan persuratan di sekolah. Kualitas pelayanan persuratan dapat mempengaruhi kelancaran administrasi sekolah. Fenomena dilapangan menunjukkan bahwa pelayanan surat menyurat belum memadai, ditambah lagi dengan kurangnya tenaga administrasi pada bidang persuratan, serta terjadinya miskomunikasi diantara para staf di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji lebih dalam tentang gaya kepemimpinan dan strategi kepala tenaga administrasi sekolah dalam penguatan pelayanan persuratan, serta mengetahui berbagai hambatan dalam penguatan pelayanan persuratan di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara secara mendalam, observasi di lapangan, dan dokumentasi. Peneliti menghubungi subjek secara langsung agar memudahkan peneliti mendapatkan kesediaan dari calon subjek. Peneliti menetapkan subjek penelitian sebanyak tiga orang yang terdiri dari Kepala Tenaga Administrasi Sekolah, Operator Sekolah dan satu orang Staf Tata Usaha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, gaya kepemimpinan kepala tenaga administrasi dalam penguatan pelayanan persuratan adalah menggunakan gaya kepemimpinan demokratis dan laissez-faire. Kedua, strategi kepala tenaga administrasi dalam penguatan pelayanan persuratan diantaranya; (1) Menganalisis kebutuhan staf tata usaha; (2) Melakukan pelatihan terhadap staf tata usaha. Ketiga, hambatan kepala tenaga administrasi sekolah dalam penguatan pelayanan persuratan diantaranya: (1) Biaya pelaksanaan yang minim; (2) Tenaga kerja yang masih kurang; dan (3) Sarana prasarana yang belum maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hendriawan Hendriawan
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:49
Last Modified: 27 Oct 2022 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23997

Actions (login required)

View Item
View Item