Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Penguatan Kompetensi Sosial Guru Di SMP IT Nurul Ishlah Banda Aceh

Wan Anwar Fuadi, 180206028 (2022) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Penguatan Kompetensi Sosial Guru Di SMP IT Nurul Ishlah Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Penguatan Kompetensi Sosial Guru Di SMP IT Nurul Ishlah Banda Aceh] Text (Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Penguatan Kompetensi Sosial Guru Di SMP IT Nurul Ishlah Banda Aceh)
Wan Anwar Fuadi, 180206028, FTK, MPI, 082165324224.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah dalam penguatan kompentensi sosial guru merupakan hal yang urgent di dalam penerapan pendidikan, kepala sekolah merupakan ujung tombak maju mundurnya suatu organisasi pendidikan. kompetensi sosial guru di SMP IT Nurul Ishlah baik dikarenakan pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah, strategi dan kebijakan kepala sekolah dalam penguatan kompetensi sosial guru. penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) bagaimana gaya kepemimpnan kepala sekolah dalam penguatan kompetensi sosial guru, 2) Mengetahui bagaimana kebijakan dan strategi kepala sekolah dalam penguatan kompetensi sosial guru, 3) Mengetahui bagaimana tantangan dan peluang kepala sekolah dalam penguatan kompetensi sosial guru.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam keabsahan data peneliti menggunakan kredibilitas, trasferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala bidang administrasi, dan dua orang guru di SMP IT Nurul Ishlah.
Hasil penelitian yang didapatkan di sekolah ialah: pertama: bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah, 1) Kepala sekolah memiliki gaya kepemipinan demokratis dan gaya kepemimpinan karismatik. Kedua: Bagaimana strategi dan kebijakan kepala sekolah dalam penguatan kompotensi sosial guru; 1) Kepala sekolah berkomunikasi secara santun dan harmonis dengan menerapkan prinsip persaudaraan kepada dewan guru, siswa, orang tua siswa dan masyarakat lingkungan sekitar, 2) kepala sekolah mengadakan pelatihan dan seminar kepada guru dalam rangka meningkatkan kompetensi sosial dan wawasan guru. 3) Memotivasi guru semangat untuk melakukan inovasi dan pengembangan kualitas sebagai pendidik. 4) Menciptakan program-program untuk mempererat hubungan guru dengan sesama guru, siswa, orang tua siswa dan lingkungan masyarakat. Ketiga: tantangan dan peluang kepala sekolah, 1) Tantangan yang dihadapi ialah dalam melakukan pendekatan karena adanya keberagaman latar belakang guru yang berbeda dan perbedaan usia guru-guru di SMP IT Nurul Ishlah. 2) Peluang dalam penguatan kompetensi sosial guru ialah guru mudah untuk diajak kerjasama dalam meningkatkan kualitas dan integritas mereka, melibatkan seluruh guru dan warga sekolah dalam aksi sosial kemasyarakatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wan Anwar Fuadi
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:49
Last Modified: 27 Oct 2022 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23998

Actions (login required)

View Item
View Item