Partisipasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Di Desa Jaboi Kota Sabang

Fatimah, 170209075 (2022) Partisipasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Di Desa Jaboi Kota Sabang. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Partisipasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Di Desa Jaboi Kota Sabang] Text (Partisipasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Di Desa Jaboi Kota Sabang)
FATIMAH, 170209075, FTK,PGMI, 082277205023.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Membaca merupakan kegiatan yang memiliki manfaat besar bagi siswa. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan partipasipasi orang tua dalam meningkatkan minat baca siswa. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana partisipasi orang tua dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar di Desa Jaboi Kota Sabang? Upaya apa saja yang dilakukan orang tua dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar di Desa Jaboi Kota Sabang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket, kemudian data tersebut dianalisis melalui tahapan-tahapannya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi orang tua dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar di Desa Jaboi Kota Sabang tergolong tinggi. Tetapi ada beberapa orang tua yang masih kurang berpartisipasi dalam meningkatkan minat baca siswa. Upaya dilakukan orang tua dalam meningkatkan minat baca siswa yaitu, memberikan contoh membaca rutin, menyediakan sarana dan prasarana, menumbuhkan motivasi, memilah bahan bacaan, menciptakan suasana membaca yang menyenangkan, adanya koordinasi antara orang tua dan guru, memberikan waktu yang cukup serta memberi tugas kepada anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fatimah Fatim
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:00
Last Modified: 27 Oct 2022 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24000

Actions (login required)

View Item
View Item