Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Audio Visual Pada Materi Haji Kelas X IPS SMAN 1 Permata

Konadi Mahmiko Gayo, 180201119 (2022) Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Audio Visual Pada Materi Haji Kelas X IPS SMAN 1 Permata. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Media Pembelajaran PAI Berbasis    Audio Visual Pada Materi Haji] Text (Media Pembelajaran PAI Berbasis Audio Visual Pada Materi Haji)
Konadi Mahmiko Gayo,180201119,FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual pada materi haji sangatlah penting dilakukan agar para peserta didik dapat mampu dengan cepat memahami materi haji baik itu tata-taca cara melaksanakan haji atau maksud dari melaksanakan haji tersebut. Di SMAN 1 Permata pembelajaran PAI masih menggunakan metode ceramah dan kurangnya pemakaian media seperti media berbasis audio visual, dan media media lainya, sehingga menyebabkan peserta didik merasa kurang semangat dan merasa malas untuk mengikuti proses pembelajaran.
Pertanyaan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pembelajaran menggunakan media berbasis audio visual pada materi haji? Bagaimanakah respon guru terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual pada materi haji? Bagaimanakah respon peserta didik terhadap pengembangan pembelajaran menggunakan media audio visual pada materi haji? Kemudian penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode R&D.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik sangat bersemangat dalam mengikuti pembelajaran menggunakan media berbasis audio visual, dan mampu memahami materi yang diajarkan, hal ini dilihat dari keaktifan dan jawaban mereka atas pertanyaan-pertanyaan yang telah diberikan dan dibuat berdasarkan materi yang diajarkan. Persentase rata-rata yang diperoleh dari validator sebesar 77,3%, hasil ini menunjukkan bahwa media berbasis audio visual berupa power point dapat digunakan dengan kriteria layak. Selanjutnya persentase yang diperoleh dari respon guru ialah sangat setuju 100% dan respon dari peserta didik ialah sangat setuju 87% dan setuju 11%.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media berbasis audio visual pada materi haji yang dikembangkan dapat digunakan dan juga sangat layak untuk digunakan. Respon guru dan respon peserta didik terhadap media audio visual yang berbentuk Power Point adalah sangat baik dan sangat layak digunakan pada pembelajaran PAI di SMAN 1 Permata.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Konadi Mahmiko Gayo
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:12
Last Modified: 27 Oct 2022 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24004

Actions (login required)

View Item
View Item