Inventarisasi Jenis Jamur Basidiomycota Di Kawasan Gunung Mata Ie Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar

Mazaya Dirayathi, 140703003 (2022) Inventarisasi Jenis Jamur Basidiomycota Di Kawasan Gunung Mata Ie Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Sains dan Teknologi.

[thumbnail of Inventarisasi Jenis Jamur Basidiomycota Di Kawasan Gunung Mata Ie Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar] Text (Inventarisasi Jenis Jamur Basidiomycota Di Kawasan Gunung Mata Ie Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar)
Mazaya Dirayathi, 140703003, FST, BI, 082365226152.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian terhadap Jamur Basidiomycota dilakukan karena jamur ini merupakan spesies jamur terbanyak dan mudah untuk dijumpai di alam salah satunya di kawasan gunung Mata Ie Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar, namun belum terinventarisasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesies jamur Basidiomycota dan karakteristik habitat jamur Basidiomycota yang terdapat di kawasan Pegunungan Mata Ie. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Desember 2021. Rancangan penelitian dilakukan secara eksploratif (metode jelajah). Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan mendeskripsikan jenis dan karakteristik jamur Basidiomycota yang terdapat di kawasan Pegunungan Mata Ie. Hasil penelitian ditemukan 38 individu dari 12 spesies jamur Basidiomycota. Spesies jamur yang paling banyak ditemukan pada family Marasmiaceae yaitu spesies Marasmiellus candidus dan yang paling sedikit ditemukan adalah jamur dari family Polyporaceae yaitu Trametes sp. Karakteristik habitat jamur Basidiomycota berdasarkan tempatnya yaitu di kayu lapuk, pohon hidup, ranting lapuk, serasah daun, dan tanah. Pada penelitian ini kebanyakan jamur tumbuh di kayu lapuk yaitu sebanyak 12 individu, jamur yang tumbuh di pohon atau kayu hidup sebanyak 2 individu, jamur yang tumbuh di serasah daun sebanyak 1 individu. suhu habitat jamur Basidiomycota rerata pada 30,50C baik di stasiun I sampai stasiun IV. Faktor kelembaban udara rerata pada 81% baik di stasiun I sampai stasiun IV. Faktor pH substrat rerata pada 5 baik di stasiun I sampai stasiun IV. Sedangkan faktor kelembaban tanah pada 59,75% baik di stasiun I sampai stasiun IV.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Mazaya Dirayathi
Date Deposited: 28 Oct 2022 02:36
Last Modified: 28 Oct 2022 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24009

Actions (login required)

View Item
View Item