Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Di Mas Tgk. Chiek Oemar Diyan Indrapuri Aceh Besar

Akamalia, 180206019 (2022) Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Di Mas Tgk. Chiek Oemar Diyan Indrapuri Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Di Mas Tgk. Chiek Oemar Diyan Indrapuri Aceh Besar] Text (Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Di Mas Tgk. Chiek Oemar Diyan Indrapuri Aceh Besar)
Akamalia, 180206019, FTK, MPI, 081367028304.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kepemimpinan kepala madrasah sebagai supervisor memegang peranan penting dalam memperkuat kompetensi pedagogik guru. Dengan adanya peningkatan kompetensi pedagogik guru akan mempermudah guru dalam mengelola proses pembelajaran sehingga akan berdampak pada tercapainya tujuan pembelajaran dan prestasi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kebijakan kepala madrasah sebagai supervisor dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru di MAS Tgk. Chiek Oemar Diyan Indrapuri Aceh Besar, (2) untuk mengetahui teknik-teknik supervisi kepala madrasah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru di MAS Tgk. Chiek Oemar Diyan Indrapuri Aceh Besar, (3) untuk mengetahui tantangan kepala madrasah sebagai supervisor dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru di MAS Tgk. Chiek Oemar Diyan Indrapuri Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, direktur pengajaran, dan 2 orang guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menetapkan sebuah sebuah kebijakan perlu adanya perumusan masalah, pengumpulan dan analisis data, pembuatan alternatif-alternatif kebijakan, pemilihan alternatif terbaik, pelaksanaan keputusan, dan pemantauan serta pengevaluasian hasil pelaksanaan. Teknik supervisi yang digunakan oleh kepala madrasah adalah teknik supervisi individu dan juga teknik supervisi kelompok. Tantangan yang dihadapi kepala madrasah adalah latar belakang pendidikan guru yang berbeda, minimnya penghasilan bagi guru-guru honorer, kurangnya kedisiplinan guru, pengaturan jadwal mengajar, dan saat melakukan monitoring sering terjadi penumpukan di hari tertentu khususnya sabtu dan minggu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Akamalia Akamalia
Date Deposited: 28 Oct 2022 02:45
Last Modified: 28 Oct 2022 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24017

Actions (login required)

View Item
View Item