Perancangan Montain Resort Balee Redelong Bener Meriah

Uswatun Hasanah`, 150701090 (2022) Perancangan Montain Resort Balee Redelong Bener Meriah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Sains dan Teknologi.

[thumbnail of Perancangan Montain Resort Balee Redelong Bener Meriah] Text (Perancangan Montain Resort Balee Redelong Bener Meriah)
Uswatun Hasanah, 150701090, FST, SA, 082364747787.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (30MB)

Abstract

Indonesia memiliki kekayaan alam yang indah dan budaya yang beragam, sehingga banyak wisatawan tertarik berkunjung ke Indonesia untuk menikmati potensi tersebut. Dalam setiap tahun arus wisatawan domestik dan mancanegara terus meningkat, peningkatan tersebut perlu disetarakan dengan meningkatkan penyediaan akomodasi untuk dapat mencapai segala kebutuhan pokok dalam berwisata. Kehidupan masyarakat di perkotaan memiliki rutinitas yang sangat padat sehingga mengakibatkan kejenuhan. Untuk meningkatkan produktifitas dan menghilangkan stress bagi masyarakat perkotaan membutuhkan suatu destinasi wisata yang berbeda. Salah satu alternatif wisata bagi masyarakat kota besar adalah objek wisata alam Mountain Resort Bale Redelong.

Demi menciptakan kenyamanan dalam perancangan Mountain Resort, salah satu pencapaiannya yaitu menciptakan bangunan yang berkonsep natural industrial, dalam perancangannya meliputi pemanfaatan potensi alam yang masih sangat asri, dan mengolah bentuk fasad bangunan dengan penampilan yang alami. Pemanfaatan potensi alam dengan perpaduan nilai vernakular dan modern mampu memberikan suasana yang tidak jenuh dan menciptakan kenyaman tinggi,sehingga perancangan mampu mencapai fungsinya dengan optimal.

Secara umum, proses perancangan menggunakan metode terapan (applied science). Tahapan pembuatan konsep perancangan menggunakan metode descriptive kualitatif. Selanjutnya, tahapan pembuatan rancangan menggunakan metode terapan. Pendekatan perancangan menggunakan Arsitektur Neo-Vernakular, yang sesuai dengan kondisi antropologi lokasi perancangan, serta mengangkat konsep homie. Penerapan pendekatan dilakukan dengan membuat bangunan berbaur dengan alam sekitar, memanfaatkan suhu dan udara segar dengan menciptakan bukaan-bukaan dipadukan dengan corak arsitektur kebudayaan setempat sebagai fasad. Banyak memanfaatkan potensi-potensi alam setempat, seperti sumber daya alam, elemen dan berbagai unsur khusus yang ada. Membuat suasana menjadi semakin alami dengan menggunakan material kayu, dan mempertahankan berberapa elemen eksisting.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Uswatun Hasanah
Date Deposited: 28 Oct 2022 02:53
Last Modified: 28 Oct 2022 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24019

Actions (login required)

View Item
View Item