Pesan Dakwah Dalam Film Animasi Riko The Series

Elly Fitriani, 170401007 (2022) Pesan Dakwah Dalam Film Animasi Riko The Series. Other thesis, UIN AR-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of pesan dakwah yang terdapat dalam film animasi riko the series] Text (pesan dakwah yang terdapat dalam film animasi riko the series)
Elly Fitriani (170401007), FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Pesan Dakwah Dalam Film Animasi Riko The Series”. Perkembangan teknologi pada era sekarang ini sangatlah pesat, seperti media-media elektronik mengalami kemajuan pada setiap tahunnya. Sehingga tidak menutup kemungkinan dapat dijadikan sebagai media dakwah, dakwah tidak hanya bisa dilakukan ketika seseorang sedang mengisi ceramah atau pengajian saja, tetapi bisa dilakukan dengan melalui animasi islami yang ditayangkan di media sosial seperti instagram, facebook, dan youtube. Film animasi Riko the series merupakan salah satu film animasi kartun anak-anak, yang pada setiap episodenya banyak menyajikan pesan dakwah dengan cerita yang memberi edukasi, inspirasi dan pengetahuan agama untuk anak-anak. Edukasi yang berbasis serial animasi yang dirancang untuk memberikan wawasan tentang ilmu pengetahuan dengan cerita petualangan dan alur cerita yang biasa terjadi di kehidupan sehari-hari. Adapun yang menjadi rumusan masalah adalah apa saja isi pesan-pesan dakwah dalam film animasi Riko the series, serta bagaimana bentuk penyajian pesan dakwah dalam film animasi Riko the series?. Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui apa saja isi pesan-pesan dakwah yang terdapat dalam film animasi Riko The Series serta untuk dapat mengetahui bagaimana bentuk penyajian pesan dakwah dalam film animasi Riko The Series. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi (content analysis) dengan hasil akhir berupa kata-kata tertulis. Adapun hasil dari
penelitian ini terdapat banyak pesan dakwah yang terdapat pada animasi Riko the series dengan tiga kategori pesan dakwah yaitu pesan dakwah akidah, syariah, dan akhlak. Penyajian pesan dakwah pada animasi Riko the series menggunakan penyajian dengan lagu-lagu Islami dan Ilmu pengetahuan alam, murottal Al-quran, dan pada percakapan antar pemain pada setiap episodenya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Elly Fitriani
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:38
Last Modified: 28 Oct 2022 03:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24021

Actions (login required)

View Item
View Item