Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Supply Air Bersih PDAM Tirta Daroy

Khairul Rizal, 160802118 (2022) Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Supply Air Bersih PDAM Tirta Daroy. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan.

[thumbnail of Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Supply Air Bersih PDAM Tirta Daroy] Text (Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Supply Air Bersih PDAM Tirta Daroy)
Khairul Rizal, 160802118, FISIP, IAN, 085216860828.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Daroy berdiri dikota Banda Aceh pada Tahun 1975. Selama berdirinya Badan Usaha Milik Negara Tersebut sudah memiliki 51.280 pelanggan aktif dari 9 kecamatan di seluruh Kota Banda Aceh tercatat pada tahun 2020. PDAM Tirta Daroy banyak mengalami permasalahan yang terjadi, salah satunya adalah terhambatnya Supply air kepada masyarakat. Maka peneliti tertarik untuk melihat Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Supply Air PDAM Tirta Daroy di Kota Banda Aceh, yang tepatnya berada pada Kecamatan Kutaraja. Pada Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 100 sampel untuk di uji. Data yang diperoleh kemuadian di analisis menggunakan (Statistical Product and Service Solutions) SPSS. Hasil penelitian ini berdasarkan pedoman Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat, berdasarkan indikator kepuasan masyarakat terhadap Pelayanan Supply Air Bersih PDAM Tirta Daroy nilai konversi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 80,9. Berdasarkan indikator kepuasan masyarakat terhadap Supply Air Bersih PDAM Tirta Daroy didapatkan indikator yang memiliki nilai indeks kepuasan masyarakat (IKM) tertinggi adalah Persyaratan Pelayanan dengan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat sebesar 4,60 dan nilai konversi IKM sebesar 92, dengan bobot “A” termasuk kategori “Sangat Setuju” (Sangat Baik/Sangat Puas). Sedangkan untuk nilai terendah diperoleh oleh item Sarana dan Prasarana dengan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat sebesar 3,75 dan nilai konversi IKM sebesar 75, dengan bobot “B” termasuk kategori “Setuju” (Baik/Puas).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Khairul Rizal
Date Deposited: 28 Oct 2022 02:54
Last Modified: 28 Oct 2022 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24027

Actions (login required)

View Item
View Item