Hubungan Antara Harga Diri Dengan Kecemasan Sosial Memilih Pasangan Hidup Pada Wanita Dewasa Awal Di Kecamatan Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya

Zainatul Dilla, 160901045 (2022) Hubungan Antara Harga Diri Dengan Kecemasan Sosial Memilih Pasangan Hidup Pada Wanita Dewasa Awal Di Kecamatan Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Antara Harga Diri Dengan Kecemasan Sosial Memilih Pasangan Hidup] Text (Hubungan Antara Harga Diri Dengan Kecemasan Sosial Memilih Pasangan Hidup)
Zainatul Dilla, 160901045, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan kecemasan sosial memilih pasangan hidup pada wanita dewasa awal di Kecamatan Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Teknik sampling yang digunakan yaitu accidental sampling dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 160 wanita dewasa awal di Kecamatan Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya. Pengumpulan data menggunakan skala harga diri menggunakan teori Rosenberg (1965) dan skala Kecemasan Sosial menggunakan teori La Grace & Lopez (1998) dengan model skala Likert. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman dengan bantuan program SPSS 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi r = 0,396 dengan p = 0,000 yang menandakan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan positif hubungan antara harga diri dengan kecemasan sosial memilih pasangan hidup pada wanita dewasa awal di Kecamatan Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya. Hubungan tersebut menunjukkan semakin tinggi harga diri hubungan antara harga diri dengan kecemasan sosial memilih pasangan hidup pada wanita dewasa awal di Kecamatan Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya maka semakin tinggi kecemasan sosial, sebaliknya semakin rendah hubungan antara harga diri dengan kecemasan sosial memilih pasangan hidup pada wanita dewasa awal maka semakin rendah juga kecemasan sosial di Kecamatan Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya dan dengan ini hipotesis dalam penelitian ini tidak diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Zainatuldilla Dilla
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:08
Last Modified: 28 Oct 2022 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24029

Actions (login required)

View Item
View Item