Faktor Yang Mempengaruhi Kesadaran Hukum Masyarakat Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Pidie Tentang Pencatatan Pernikahan

Eka Rahmi Yanti, 191010012 (2022) Faktor Yang Mempengaruhi Kesadaran Hukum Masyarakat Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Pidie Tentang Pencatatan Pernikahan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Faktor Yang Mempengaruhi Kesadaran Hukum Masyarakat Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Pidie Tentang Pencatatan Pernikahan] Text (Faktor Yang Mempengaruhi Kesadaran Hukum Masyarakat Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Pidie Tentang Pencatatan Pernikahan)
Eka Rahmi Yanti, 191010012, PS, HK, 085372345156.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pencatatan pernikahan menjadi suatu prosesi untuk mewujudkan pernikahan yang tervalidasi yang harus dilaksanakan oleh kedua calon mempelai ditempat dimana melangsungkan pernikahnnya. Persoalan pencatatan pernikahan yang menjadi syarat sah sebuah pernikahan di Indonesia namun kesadaran hukum masyarakat Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Pidie tentang pencatatan pernikahan hasus diteliti karna karena ada faktor yang mempengaruhi pasangan suami istri di Kecamatan Indra Jaya tidak mencatatkan pernikahannya di KUA.
Setiap penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat tertentu, baik secara teoritis maupun praktis. Adapun manfaat penelitian ini, secara teoritis bermanfaat dan menjadi bahan rujukan dan sumbangsih khazanah akademis bagi pegawai pencatat nikah secara spesifik tentang pencatatan pernikahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian hukum normatif (yuridis normatif) dan penelitian hukum sosiologis (yuridis empiris). Sifat penelitian ini adalah deskriptif analitis, maksudnya suatu analisis data yang berdasarkan pada teori hukum yang bersifat umum diaplikasikan untuk menjelaskan tentang seperangkat data yang lain. Untuk mendapatkan data yang akurat dan relavan maka pengumpulan data dilakukan dengan cara normatif empiris. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Pidie terhadap Faktor Yang Mempengaruhi Kesadaran hukum masyarakat Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Pidie tentang pencatatan Pernikahan. Dimana Faktor yang mempengaruhi sebahagian pelaku Pernikahan di Kecamatan Indra Jaya tidak mencatatkan Pernikahannya di KUA, antara lain karena faktor hamil di luar Pernikahan, faktor adanya Pernikahan kedua dan faktor ekonomi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat) > 2X4.301 Filosofi Perkawinan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Hukum Keluarga
Depositing User: Eka Rahmi Yanti Eka
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:40
Last Modified: 28 Oct 2022 03:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24038

Actions (login required)

View Item
View Item