Antusiasme Pencalonan Kepala Daerah Pada Pilkada 2017 Di Aceh Barat Daya

Rozi Usliza Saputra, 170801029 (2022) Antusiasme Pencalonan Kepala Daerah Pada Pilkada 2017 Di Aceh Barat Daya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Antusiasme Pencalonan Kepala Daerah] Text (Antusiasme Pencalonan Kepala Daerah)
Rozi Usliza Saputra, 170801029, IP,FISIP, 082213951645.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Di Aceh Barat Daya. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana tingkat antusiasme para pasangan calon untuk menjadi kepala daerah di Aceh Barat Daya pada pilkada 2017 dan juga ingin mengetahui apa motivasi yang melatar belakangi antusiasme pasangan calon untuk maju sebagai kepala daerah. Penelitian ini melakukan pendekatan metode kualitatif diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Tingkat partisipasi setiap kontestasi pilkada Aceh Barat Daya setiap periode mengalami peningkatan. Minat pasangan calon dalam kompetisi pilkada tersebut memberikan dampak yang positif bagi keberlangsungan kepemimpinan Kabupaten Aceh Barat Daya itu sendiri. Antusiasme ini di motivasi oleh keinginan pasangan calon dalam memajukan daerah Kabupaten Aceh Barat Daya. Selain itu alasan ingin mensejahterakan masyarakat juga memotivasi pasangan calon dalam ikut serta pada pilkada, dikarenakan para pasangan calon meyakini dengan kekuasaan yang mereka miliki mampu lebih leluasa dalam menjadikan masyarakat dan daerah menjadi lebih maju di masa akan datang. Lebih lanjut lagi ada beberapa pasangan calon yang melihat bahwa ada potensi untuk menang pada pilkada 2017 dikarenakan dengan banyaknya pasangan calon yang mendaftar. Antusiasme para pasangan calon tersebut juga sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor politik, dan faktor keluarga dan lingkungan. Dua faktor tersebut mampu memberi pengaruh baik terhadap meningkatnya partisipasi minat pasangan calon untuk maju dalam pilkada. Pada faktor politik para calon memiliki latar belakang sebagai aktor politik sebelumnya sehingga dengan pengalaman tersebut mampu mendorong pasangan calon untuk maju pada pilkada 2017 lalu. Kemudian pada faktor keluarga dan lingkungan meraka diberi dukungan penuh oleh pihak keluarga dan pihak masyarakat sekitar. Dengan dukungan tersebut pasangan calon percaya dapat menduduki kursi Bupati dan Wakil Bupati di Aceh Barat Daya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Rozi Usliza Saputra Rozi
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:44
Last Modified: 31 Oct 2022 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24048

Actions (login required)

View Item
View Item