Penggunaan Metode Dakwah Al-Mau`izhah Al Hasanah Dalam Keluarga” (Studi di Gampong Buga, Kecamatan Seulimeum, Aceh Besar)

Rauzatul Jannah, 411206533 (2022) Penggunaan Metode Dakwah Al-Mau`izhah Al Hasanah Dalam Keluarga” (Studi di Gampong Buga, Kecamatan Seulimeum, Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Metode Dakwah Al-Mau`izhah Al Hasanah Dalam Keluarga” (Studi di Gampong Buga, Kecamatan Seulimeum, Aceh Besar)] Text (Penggunaan Metode Dakwah Al-Mau`izhah Al Hasanah Dalam Keluarga” (Studi di Gampong Buga, Kecamatan Seulimeum, Aceh Besar))
Rauzatul Jannah, 411206533, FDK, KPI, 082276027433.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Islam adalah agama dakwah, yang mengandung arti bahwa keberadaannya di muka bumi ini adalah dengan disebarluaskan dan diperkenalkan kepada umat melalui aktivitas dakwah, bukan dengan paksaan, kekerasan, dan tidak pula dengan kekuatan pedang. ada tiga cara yang Allah jelaskan dalam Al-Quran Surat An-Nahl ayat 125, yaitu bil hikmah, bil mauizhah al-hasanah, dan al mujadalah billati hiya ahsan. Dakwah bil hikmah adalah dakwah dengan bijaksana, yaitu selalu memperhatikan suasana, situasi, dan kondisi mad`u. Dakwah bil mau`izhah hasanah adalah dakwah dengan lemah lembut, yaitu berkata dengan tutur kata yang sopan dan berperilaku yang baik, dan dakwah billati hiya ahsan, adalah berdebat dengan cara yang baik, yaitu cara yang tidak menyakiti orang lain dan dapat diterima oleh orang lain. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui upaya dakwah yang dilakukan para orang tua gampong Buga terhadap anak-anaknya, sistem penerapan metode al- mau`izhah al-hasanah yang dilakukan orang tua gampong Buga terhadap anak-anaknya, dan tingkat keberhasilan penerapan metode al-mau`izhah al-hasanah.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik survei dengan cara menyebarkan angket kepada responden dan menggunakan teknik dokumentasi kemudian data diolah dalam bentuk hitungan angka (persentatif). Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sebagian orang tua gampong Buga Kecamatan Seulimeum, Aceh Besar dalam membina anaknya menggunakan metode al-mau`izhah al-hasanah, diantaranya 72 orang atau 72% orang tua menasehati anaknya dengan penuh kasih sayang dan kelembutan agar ia tidak lagi menonton Tv/Film, 69 orang atau 69% orang tua berbicara kepada anak dengan lemah lembut dan penuh kasih sayang, namun ada juga sebagian orang tua yang belum menerapkan metode tersebut, diantaranya 3 orang atau 3% orang tua yang berbicara kepada anak dengan nada suara yang tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rauzatul Jannah Rauza
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:55
Last Modified: 31 Oct 2022 03:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24050

Actions (login required)

View Item
View Item