Perbandingan Aktivitas Antibakteri Berbagai Minyak Atsiri Terhadap Pertumbuhan Staphylococcus aureus

Nadia Violantika, 160704014 (2022) Perbandingan Aktivitas Antibakteri Berbagai Minyak Atsiri Terhadap Pertumbuhan Staphylococcus aureus. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perbandingan Aktivitas Antibakteri Berbagai Minyak Atsiri Terhadap Pertumbuhan Staphylococcus aureus] Text (Perbandingan Aktivitas Antibakteri Berbagai Minyak Atsiri Terhadap Pertumbuhan Staphylococcus aureus)
Nadia Violantika, 160704014, FST, KIM, 088901361624.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Minyak Atsiri merupakan salah satu jenis minyak yang dihasilkan dari berbagai bagian pada tumbuhan, berwujud cairan kental pada suhu ruang dan mudah menguap sehingga memberikanaroma yang khas. Minyak atsiri telah dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan termasuk sebagai senyawa antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan variasi konsentrasi berbagai jenis minyak atsiri sebagai penghambat pertumbuhan bakteri Staphylococus aureus. Penelitian ini merupakan Literature Review yang menelaah pengaruh perbedaan variasi konsentrasi pada berbagai jenis minyak atsiri terhadap daya hambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus.Hasilnya menunjukkan bahwa daya hambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus terbaik adalah minyak atsiri daun kemangi, dibandingkan dengan minyak atsiri dari daun sirih, jahe, jeruk, dan serai. Daya hambat terbaik dari minyak atsiri daun kemangi ditunjukkan pada konsentrasi 4% dengan kemampuan menghambat sebesar 32,35mm. Sedangkan daya hambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus terendah terdapat pada minyak atsiri jeruk dengan konsentrasi 0,5% dan kemampuan menghambat hanya sebesar 1,16 mm. Kesimpulan yang dapat diambil dari literature review ini yaitu semakin tinggi konsentrasi yang digunakan, maka zona hambat yang dihasilkan akan semakin besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Nadia Violantika Nadia
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:16
Last Modified: 31 Oct 2022 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24051

Actions (login required)

View Item
View Item