Implementasi Usaha Peternakan Ayam Pedaging Dengan Sistem Kemitraan Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus Peternakan Ayam Pedaging Di Desa Geuni Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya)

M. Nanda Firdaus, 190602356 (2022) Implementasi Usaha Peternakan Ayam Pedaging Dengan Sistem Kemitraan Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus Peternakan Ayam Pedaging Di Desa Geuni Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Usaha Peternakan] Text (Usaha Peternakan)
M.Nanda Firdaus, 190602356, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai usaha peternakan ayam pedaging yang dilakukan dengan sistem kemitraan antara peternak dan perusahaan inti yang berlokasi di Desa Geuni Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya. Kerjasama kemitraan merupakan solusi ampuh bagi peternak untuk mengembangkan usahanya, dimana keterbatasan modal yang dimiliki peternak menyebabkan para peternak harus melakukan kerjasama dengan perusahaan inti dengan sistem kemitraan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, Penelitian ini dilakukan terhadap peternak ayam pedaging sebagai informan yang melakukan kemitraan bersama perusahaan mitra berlokasi di Desa Geuni serta pendampingan Ts (Technical Support) dari perusahaan mitra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi kemitraan atau kerjasama antara peternak mitra dengan perusahaan inti dijalankan dengan pola bagi hasil dimana perusahaan inti mendapatkan keuntungan dari penjualan sapronak yaitu bibit ayam, pakan, dan obat-obatan, sedangkan peternak mendapatkan keuntungan dari penjualan ayam. Dalam bagi hasil keuntungan antara pihak perusahaan mitra dengan peternak disesuaikan sesuai kontribusi modal masing-masing, dimana peternak hanya menyediakan kandang, fasilitas kandang dan biaya operasional. Sedangkan pihak perusahaan mitra menyediakan sapronak berupa DOC (Day Old Child), pakan, dan OVK (Obat Dan Vaksin Kimia). Dalam tinjauan Ekonomi Syariah usaha peternakan ayam pedaging tersebut bisa diakatakan belum sesuai dengan prinsip ekonomi syariah,dimana pembagian hasil keuntungan masih menguntungkan perusahaan dan jika terjadinya kerugian masih dibebankan kepada peternak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: M. Nanda Firdaus Nanda
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:13
Last Modified: 01 Nov 2022 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24052

Actions (login required)

View Item
View Item