, Kesesuaian Tipe Diri Dengan Pemilihan Pekerjaan Ditinjau Dari Teori Karir Holland (Studi Deskriptif Analisis Pada Pekerja Dewasa Awal Di Gampong Tingkeum Manyang Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen)

Nindi Yuliasari, 160402014 (2021) , Kesesuaian Tipe Diri Dengan Pemilihan Pekerjaan Ditinjau Dari Teori Karir Holland (Studi Deskriptif Analisis Pada Pekerja Dewasa Awal Di Gampong Tingkeum Manyang Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Teori Karir Holland] Text (Teori Karir Holland)
Nindi Yuliasari, 160402014, FDK, BKI,.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih ada ditemukan masyarakat terutama dikalangan pekerja dewasa awal yang bekerja atau memilih pekerjaannya tidak sesuai dengan kepribadian atau bakatnya, bekerja karena kondisi yang tidak mendukung dengan situasi dilapangan, seperti lulusan dari kesehatan bekerja menjadi seorang pendidik, dan begitu juga yang lulusan pendidikan bekerja diperkantoran, yang memiliki keahlian seperti memahat kayu, mesin, tidak bekerja dibidangnya, memilih bekerja di tempat lain yang tidak sesuai dengan tipe dirinya dan keahliannya. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah kesesuaian tipe diri dengan pemilihan pekerjaan ditinjau dari teori karir Holland pada pekerja dewasa awal di Gampong Tingkeum Manyang Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen. Adapun tujuan penelitian yaitu: (1) untuk mengetahui tipe diri para pekerja dewasa awal di Gampong Tingkeum Manyang Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen, (2) untuk mengetahui proses pemilihan pekerjaan para pekerja dewasa awal di Gampong Tingkeum Manyang Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen, (3) untuk mengetahui kinerja para pekerja dewasa awal di Gampong Tingkeum Manyang Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi pada Gampong Tingkeum Manyang Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Deskripsi gambaran tipe diri para pekerja dewasa awal di Gampong Tingkeum Manyang Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen bahwasanya individu yang bekerja tidak sesuai dengan tipe diri dan lingkungan pekerjaan, individu yang bekerja cenderung di bidang sosial dan enteurprizing. Pekerjaan yang geluti sekarang hanya untuk menghilangkan stress menghidari menjadi pengangguran dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. (2) proses pemilihan pekerjaan para pekerja dewasa awal di Gampong Tingkeum Manyang Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen proses pemilihan kerja sangat sulit dan rumit, serta tidak sesuai dengan harapan, dimana mereka bekerja karena keadaaan lingkungan bukan karena bakat dan minat atau keahlian yang dimiliki, memulai pekerjaan sesuai dengan tipe diri, bakat dan minta untuk mencapai kesuksesan merupakan impian setiap individu. Namun realitanya setiap inidvidu harus melewati dan bekerja sesuai dengan permintaan lingkungan. (3) kinerja para dewasa awal di Gampong Tingkeum Manyang Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen Selama bekrja individu tersebut ada yang mendapatkan prestasi dari tempat kerja, dan ada juga yang tidak mendapatkan prestasi atau penghargaan sama sekali, namun setiap tugas diselesaikan tepat pada waktunya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nindi Yuliasari Nindi
Date Deposited: 01 Nov 2022 02:40
Last Modified: 01 Nov 2022 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24057

Actions (login required)

View Item
View Item