Efektivitas Dana Bantuan Langsung Tunai Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Miskin Yang Terdampak COVID-19 Ditinjau Dalam Perspektif Islam

Muhammad Rahmadi, 170602061 (2022) Efektivitas Dana Bantuan Langsung Tunai Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Miskin Yang Terdampak COVID-19 Ditinjau Dalam Perspektif Islam. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of COVID-19] Text (COVID-19)
Muhammad Rahmadi, 170602061, FEBI, ES, 082218002154.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan akibat adanya fenomena wabah COVID-19 yang telah menimbulkan dampak di berbagai sektor, termasuk sektor perekonomian. Oleh karena itu pemerintah melakukan upaya untuk mengurangi dampak yang dirasakan oleh masyarakat, yaitu dengan memberikan BLT-DD. Tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk memperoleh pengetahuan mengenai mekanisme penyaluran BLT-DD dan untuk menganalisa tingkat keefektivitasan pelaksanaan bantuan di Desa sibreh keumudee berdasarkan perspektif islam. Jenis pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam melakukan penelitian, penulis mendapatkan informasi dengan melakukan observasi tentang proses penyaluran bantuan, wawancara dengan masyarakat desa sibreh keumudee dimulai dari perangkat desa, petugas penyalur bantuan, masyarakat penerima bantuan, akademisi, dan melakukan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa pelaksanaan BLT-DD di desa sibreh keumudee secara umum tingkat efektivitas program tersebut berada pada ketegori sedang berdasarkan teori indikator efektivitas yang dipakai oleh peneliti, kemudian jika dilihat berdasarkan perspektif islam berdasarkan teori maqashid syariah adanya bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat atau memberikan kemaslahatan untuk penjagaan maqashid syariah pada tingkatan dharuriyah, dan telah sesuai dengan tujuan prinsip islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Rahmadi Rahmadi
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:11
Last Modified: 01 Nov 2022 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24059

Actions (login required)

View Item
View Item