Efektivitas Relokasi Pasar Peunayong Ke Al-Mahirah Lamdingin Banda Aceh

Febi Anggraini, 170802110 (2022) Efektivitas Relokasi Pasar Peunayong Ke Al-Mahirah Lamdingin Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Relokasi Pasar Peunayong Ke Al-Mahirah Lamdingin Banda Aceh] Text (Efektivitas Relokasi Pasar Peunayong Ke Al-Mahirah Lamdingin Banda Aceh)
Feby Anggraini, 170802110, FISIP, IAN, 085261546262.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pasar adalah salah satu tempat terjadinya transaksi jual beli yang memiliki jumlah penjual lebih dari satu dan adanya pembeli. Pasar peunayong merupakan salah satu pasar yang berada di tengah kota Banda Aceh. Untuk penataan kota yang lebih baik, pembangunan tempat wisata sungai dan program Banda Aceh Smart City, maka pasar Peunayong harus di relokasi oleh Pemerintah Kota Banda Aceh ke pasar Al-Mahirah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: Untuk mengetahui efektivitas relokasi pasar Peunayong ke pasar Al-Mahirah Lamdingin danUntuk mengetahui faktor pendukung dang penghambat efektivitas relokasi pasar Peunayong ke pasar Al-Mahirah Lamdingin, Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 7 orang, yang terdiri dari 1 orang Kasubag TU UPTD Pasar, 1 orang Kabid Perdagangan dinas perdagangan dan UKM, 1 orang pengelola pasar Al- Mahirah, 3orang pedagang dan 1 orang tukang parkir. Hasil dari penelitian ini adalah: 1). Efektivitas relokasi pasar Peunayong ke pasar Al-Mahirah Lamdingin oleh Pemerintah kota Banda Aceh melalui dinas Pasar dapat dikatakan efektif karena berhasil dalam mencapai tujuan kebijakan relokasi pasar. Dimana tujuan relokasi pedagang di pasar Peunayong adalah menciptakan kawasan Peunayong dan sekitar menjadi kawasan kota yang bagus dan rapi dalam bingkai “Gemilang”. Penataan ruang berdasarkan dari aktivitas penerpan kebijakan pemerintah kota dalam pemanfaatan fungsi tata ruang di kawasan peunayong dengan orientasi pengembangan wisata dan waterfront city. Relokasi pasar dikatakan efektif karena tata kelola dikelola dengan baik dan modern dan proses jual beli pun sudah ramai. 2). Faktor yang mendukung efektivitas relokasi pasar Peunayong ke pasar Al-Mahirah Lamdingin yaitu tersedianya sarana dan prasarana yang sangat lengkap dan SDM yang mengelola pasar juga yang baik sehingga memudahkan bagi pemerintah dalam merelokasi pasar. Faktor penghambat relokasi pasar Peunayong ke pasar Al-Mahirah Lamdingin yaitu Asumsi pendapatan pedagang turun dan jauh dari pusat keramian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Feby Anggraini
Date Deposited: 01 Nov 2022 02:50
Last Modified: 01 Nov 2022 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24061

Actions (login required)

View Item
View Item