Strategi Pemerintah Kota Banda Aceh Dalam Sosialisasi Dan Edukasi Vaksinasi Covid-19 Di Kecamatan Kuta Alam

Saudina Bintang, 170802164 (2022) Strategi Pemerintah Kota Banda Aceh Dalam Sosialisasi Dan Edukasi Vaksinasi Covid-19 Di Kecamatan Kuta Alam. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Pemerintah Kota Banda Aceh Dalam Sosialisasi Dan Edukasi Vaksinasi Covid-19 Di Kecamatan Kuta Alam] Text (Strategi Pemerintah Kota Banda Aceh Dalam Sosialisasi Dan Edukasi Vaksinasi Covid-19 Di Kecamatan Kuta Alam)
Saudina Bintang, 170802164, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Program vaksinasi melalui sosialisasi ini telah menimbulkan pandangan masyarakat yang berbeda. Dimana sebagian masyarakat menolak dan ragu serta takut terhadap vaksin yang disuntikan ketubuh masyarakat, terutama di kalangan mereka yang tidak mengalami gejala Covid-19. Namun, disatu sisi pemerintah terus mengupayakan agar masyarakat tetap bersedia dan berperan aktif melakukan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemerintah Kota Banda Aceh dalam mensosialisasi dan edukasi Vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh dan kendala Pemerintah Kota Banda Aceh dalam sosialisasi dan edukasi Vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya penelitian deskriptif. Informan penelitian ini terdiri pihak Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, tokoh masyarakat dan masyarakat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa strategi pemerintah Kota Banda Aceh dalam mensosialisasikan dan mengedukasikan vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh terdiri dari tiga tahap, yaitu (1) tahap memformulasikan strategi dengan menetapkan visi dan misi, mengidentifikasi peluang dan tantangan, menentukan kelemahan dan keunggulan yang dimiliki pemerintah dalam kegiatan vaksinasi, menyusun rencana, membuat strategi-strategi alternatif dan memilih strategi dalam mensosialisasikan dan mengedukasikan vaksinasi Covid-19, (2) Tahap mengimplementasikan strategi dengan malibatkan diri dalam kegiatan vaksinasi, memberikan vaksinasi secara gratis, bekerjasama dengan pihak sekolah, bekerjasama pihak kepolisian, Satpol PP dan WH dan membubarkan perkumpulan masa yang belum melakukan vaksinasi dan (3) tahap mengevaluasi strategi dengan melakukan penilaian terhadap fasilitas pelayanan kesehatan menginput data vaksinasi ke dalam aplikasi Pcare vaksinasi dan melakukan rengkap data jumlah penerima vaksin. Kendala pemerintah Kota Banda Aceh dalam sosialisasi dan edukasi Vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh yaitu masih banyak masyarakat yang mengacuhkan kebijakan pemerintah, kurangnya kesadaran masyarakat dan adanya kepercayaan vaksin tidak mencegah penyebaran Covid-19.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Saudina Bintang Saudina
Date Deposited: 01 Nov 2022 02:59
Last Modified: 01 Nov 2022 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24065

Actions (login required)

View Item
View Item