Pengembangan Majalah Biologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Ekskresi Di SMPN 1 Samadua Kabupaten Aceh Selatan

Raudhatur Rahmah, 160207096 (2022) Pengembangan Majalah Biologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Ekskresi Di SMPN 1 Samadua Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Majalah Biologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Ekskresi Di SMPN 1 Samadua Kabupaten Aceh Selatan] Text (Pengembangan Majalah Biologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Ekskresi Di SMPN 1 Samadua Kabupaten Aceh Selatan)
Raudhatur Rahmah, 160207096, FTK, PBL.pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Samadua Kabupaten Aceh Selatan tentang pengembangan majalah biologi sebagai media pembelajaran pada materi sistem ekskresi yang dilatarbelakangi oleh keterbatasan media pembelajaran biologi khususnya materi sistem ekskresi sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi sistem ekskresi yang berakibat pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media majalah biologi, mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media majalah biologi pada materi sistem ekskresi di SMPN 1 Samadua Kabupaten Aceh Selatan. Rancangan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Subyek penelitian ini adalah penguji ahli yaitu ahli media dan ahli materi, guru bidang studi biologi dan siswa kelas VIII-2 di SMPN 1 Samadua Kabupaten Aceh Selatan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi dan angket. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan desain media menghasilkan media pembelajaran majalah biologi dengan uji kelayakan oleh ahli media diperoleh hasil (95,83%) dengan kategori sangat layak, dan kelayakan terhadap materi sistem ekskresi oleh ahli materi diperoleh hasil (82,81%) dengan kategori layak, sedangkan uji kelayakan oleh kedua ahli, yaitu ahli media dan ahli materi diperoleh hasil (89,32%) dengan kategori sangat layak. Respon siswa terhadap media majalah biologi mendapatkan hasil (86,25%) dengan kategori sangat positif. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media majalah biologi pada materi sistem ekskresi sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMPN 1 Samadua Kabupaten Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Raudhatur Rahmah Oja
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:05
Last Modified: 01 Nov 2022 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24066

Actions (login required)

View Item
View Item