Bentuk-Bentuk Trikoma Pada Tumbuhan Berbiji Tertutup (Angiospermae) Di Kampus UIN Ar-Raniry Sebagai Referensi Praktikum Anatomi Tumbuhan

Nia Afrida, 160207038 (2022) Bentuk-Bentuk Trikoma Pada Tumbuhan Berbiji Tertutup (Angiospermae) Di Kampus UIN Ar-Raniry Sebagai Referensi Praktikum Anatomi Tumbuhan. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Bentuk-Bentuk Trikoma Pada Tumbuhan Berbiji Tertutup (Angiospermae) Di Kampus UIN Ar-Raniry Sebagai Referensi Praktikum Anatomi Tumbuhan] Text (Bentuk-Bentuk Trikoma Pada Tumbuhan Berbiji Tertutup (Angiospermae) Di Kampus UIN Ar-Raniry Sebagai Referensi Praktikum Anatomi Tumbuhan)
Nia Afrida, 160207038, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Trikoma adalah alat tambahan pada epidermis yang berupa tonjolan atau rambut-rambut halus yang terdapat pada seluruh organ, yaitu akar, batang, daun, buah, dan bunga. Materi trikoma dipelajari pada mata kuliah anatomi tumbuhan, namun mahasiswa masih kesulitan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk trikoma saat praktikum dan referensi mengenai bentuk-bentuk trikoma pada tumbuhan di perpustakaan dan ruang baca biologi masih terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis tumbuhan angiospermae yang memiliki trikoma di kampus UIN Ar-Raniry, untuk mengetahui bentuk-bentuk trikoma pada tumbuhan angiospermae yang terdapat di kampus UIN Ar-Raniry, uji kelayakan produk hasil penelitian dan respon mahasiswa terhadap produk penelitian. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode survey eksploratif untuk melihat jenis tumbuhan angiospermae yang ada di kampus UIN Ar-Raniry, dan untuk pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, sedangkan untuk melihat trikoma digunakan metode replika yaitu pengolesan kuteks pada permukaan sampel. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk trikoma yang diperoleh pada tumbuhan angiospermae yang terdapat di kampus UIN Ar-Raniry terdiri dari 30 jenis tumbuhan memiliki 11 bentuk trikoma yang terdiri dari 2 tipe trikoma yaitu tipe trikoma glandular yang memiliki bentuk rambut sengat, long capitate, short capitate, dan bergerigi. Tipe trikoma non glandular yang memiliki bentuk sederhana menyerupai jarum, multiseluler, bentuk sederhana dengan ujung berkait, berjumbal, bercabang, bintang, bentuk cabang, dan bentuk tanduk. Kelayakan produk hasil penelitian berupa modul praktikum oleh ahli materi memperoleh persentase 82% dengan kategori sangat layak, serta kelayakan modul praktikum oleh ahli media memperoleh persentase 83,12% dengan kategori sangat layak. Kelayakan produk hasil penelitian berupa buku atlas oleh ahli materi memperoleh persentase 80% dengan kategori layak, serta kelayakan buku atlas oleh ahli media memperoleh persentase 82% dengan kategori sangat layak. Respon mahasiswa terhadap produk hasil penelitian memperoleh persentase 82,03% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nia Afrida Nia Afrida
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:05
Last Modified: 01 Nov 2022 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24067

Actions (login required)

View Item
View Item