Pengaruh Praktik Kerja Lapangan Terhadap Minat Berwirausaha Peserta Didik SMK 2 Meulaboh

Muhammad Rudi Siddiq, 170211062 (2022) Pengaruh Praktik Kerja Lapangan Terhadap Minat Berwirausaha Peserta Didik SMK 2 Meulaboh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh	Praktik	Kerja	Lapangan Terhadap Minat Berwirausaha Peserta Didik SMK 2 Meulaboh] Text (Pengaruh Praktik Kerja Lapangan Terhadap Minat Berwirausaha Peserta Didik SMK 2 Meulaboh)
Muhammad Rudi Siddiq, 170211062, FTK, PTE, 081264042613 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMKN 2 Meulaboh, peneliti menemukan beberapa permasalahan di mana masih ada peserta didik yang kurang optimis dengan keahlian (Skill) yang dimilikinya, dan kurang tertarik dalam mengimplementasikan hasil praktek di sekolah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut sekolah melakukan upaya dengan kegiatan praktek kerja lapangan di industri dan tempat usaha. Untuk menilai keberhasilan praktek kerja lapangan ini, sekolah harus melakukan evaluasi khususnya minat siswa untuk berwirausaha setelah PKL ini. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL) terhadap Minat Berwirausaha Peserta didik di SMKN 2 Meulaboh. Penelitian ini dilaksanakan pada 69 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif antara praktik kerja lapangan dengan minat berwirausaha peserta didik kelas
XII SMKN 2 Meulaboh. Namun nilai ini tidak berkontribusi banyak untuk meningkatkan minat berwirausaha hanya diperoleh 7,2% berkontribusi, sedangkan 92.8% yang ditentukan oleh faktor yang lain. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa praktek kerja lapangan memberikan pengaruh positif dan sedikit berkontribusi terhadap minat berwirausaha pesertas didik SMK 2 Meulaboh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Muhammad Rudi Siddiq Siddiq
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:41
Last Modified: 02 Nov 2022 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24076

Actions (login required)

View Item
View Item