Model Pembelajaran Pada Pasca Era Covid-19 Di SMP Negeri 1 Wih Pesam Bener Meriah

Cut Juliati, 180206024 (2022) Model Pembelajaran Pada Pasca Era Covid-19 Di SMP Negeri 1 Wih Pesam Bener Meriah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Model Pembelajaran Pada Pasca Era Covid-19 Di SMP Negeri 1 Wih Pesam Bener Meriah] Text (Model Pembelajaran Pada Pasca Era Covid-19 Di SMP Negeri 1 Wih Pesam Bener Meriah)
Cut Juliati, 180206024, FTK, MPI, 082210308345.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Model pembelajaran adalah suatu suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran dan memimbing pembelajaran dikelas atau yang lain. Model pembelajaran dapat dijadikan pola pilihan, artinya guru boleh memilih model pembelajaran yang sesuai dan efesien untuk mencapai tujuan pendidikan. Pada era covid-19 di SMP Negeri 1 Wih Pesam juga mengalami perubahan model pembelajaran, hal itu sesuai dengan keadaan yang terjadi. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui pengelolaan pelaksanaan pembelajaran, keefektifitasan pembelajaran, dan untuk mengetahui evaluasi model pembelajaran pada pasca era covid-19 di SMP Negeri 1 Wih Pesam, Bener Meriah. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, subjek penelitian kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dukumentasi. Analisis dalam penelitian ini terdapat tiga tahap yaitu, redukdi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengelolaan pelaksanaan pembelajaran, guru melakukan komunikasi dengan cara daring (jarak jauh/dirumah) dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti google meet, google zoom, telegram, classroom, dan group whatsapp. Keefektifitasan pembelajaran yang masih kurang membuat peserta didik dan guru memilki kedala tersendiri terutama bagi peserta didik, apa lagi pada saat pandemi melanda sehingga pembelajaran harus dilaksanakan dengan sistem jaringan (daring), kemudian pembelajaran kembali berubah ke new normal dimana siswa sudah bisa melaksanakan pembelajaran seperti biasa tetapi tetap saja pembelajaran masih kurang efektif karena peserta didik harus beradaptasi seperti saat pandemi. Evaluasi pembelajaran juga tidak kalah penting dimana evaluasi bukan hanya dilakukakan pada saat pembelajaran saja tetapi evaluasi juga dilakukan dari program, proses dan hasil agar mencapai tujuan pembelajaran yang efektif. Karena evaluasi sangat penting dilakukan untuk mengetahui efektif atau tidaknya suatu sistem pembelajaran disebabkan evaluasilah yang menentukan akreditasi sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Cut Juliati
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:47
Last Modified: 02 Nov 2022 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24079

Actions (login required)

View Item
View Item