Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi pada Desa Alue Sungai Pinang Kabupaten Aceh Barat Daya).

Mailizar, 150604119 (2022) Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi pada Desa Alue Sungai Pinang Kabupaten Aceh Barat Daya). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dalam  Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat] Text (Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat)
Mailizar, 150604119, FEBI, IE, 081210707411.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Jumlah UMKM di Abdya sudah mencapai angka ratusan, diharapkan dapat menjadikan perekonomian meningkat melalui pembukaan lapangan usaha bagi masyarakat setempat. Tujuan penelitian ini 1)untuk mengetahui peranan UMKM dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. 2)untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat UMKM dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1)UMKM di Desa Alue Sungai Pinang mempunyai dampak positif terhadap masyarakat diantaranya membuka peluang kerja dan lapangan pekerjaan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 2)Faktor-faktor pendukung UMKM adalah dukungan pemerintah serta peminat dari tempe itu sendiri. 3)Faktor penghambat UMKM adalah modal, keterbatasan bahan baku, cuaca, jumlah karyawan serta jaringan usaha. Pemerintah diharapkan dapat memberikan perhatian yang lebih serius lagi dalam upaya mendukung kemajuan UMKM, dapat memberikan pembinaan, pendampingan, serta peltihan untuk UMKM agar dapat bersaing dalam persaingan pasar. Diharapkan pelaku UMKM agar lebih inovatif serta dapat menyesuaikan diri dengan penggunaan teknologi yang lebih canggih guna mendapatkan hasil yang lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Mailizar Ijal
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:54
Last Modified: 02 Nov 2022 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24080

Actions (login required)

View Item
View Item