Profesionalitas Tukang Jahit dan Pendapatan Usaha Tailor di Kedai Lamnyong Banda Aceh

Ira Riski Autari, 441307466 (2019) Profesionalitas Tukang Jahit dan Pendapatan Usaha Tailor di Kedai Lamnyong Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Profesionalitas Tukang Jahit dan Pendapatan Usaha Tailor di Kedai Lamnyong Banda Aceh] Text (Profesionalitas Tukang Jahit dan Pendapatan Usaha Tailor di Kedai Lamnyong Banda Aceh)
Ira Riski Autari, 441307466, FDK, PMI, 081269992094.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Profesionalitas Tukang Jahit dan Pendapatan Usaha Tailor di Kedai Lamnyong Banda Aceh. Penelitian ini dilatar belakangi dengan profesi seorang menjahit dalam upaya untuk meningkatkan fungsi sosialnya. Hal ini membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian ilmiah yang dituangkan dalam bentuk skripsi Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu Bagaimana profesional tukang jahit yang ada dikedai Lamnyong Banda Aceh, Bagaimana penghasilan yang didapat oleh tukang jahit di kedai Lamnyong Banda Aceh dihubungkan dengan keahliannya, dan Bagaimana mencari saran dan upaya untuk meningkatkan profesionalitas tukang jahit dan juga pendapatanya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah profesinya sebagai seorang penjahit pakaian ada hubungannya terhadap peningkatan pendapatan usaha tailor, untuk mengetahui penghasilan usaha penjahit pakaian dalam meningkatkan pendapatan usaha tailor, dan untuk mengetahui bagaimana usaha kedai penjahit pakaian ditinjau menurut ekonomi Islam. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah penjahit dan pemilik usaha penjahit pakaian di Kedai Lamnyong. Populasi terdiri dari 15 orang orang yaitu 15 penjahit sekaligus pemiliknya usaha penjahit. Menimbang jumlah populasi yang banyak, maka untuk mempermudah menentukan sampel penulis mengambil 20% dari sampel yaitu 10 orang pemilik usaha penjahit pakaian sekaligus penjahit pakaian. Adapun metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah metode Purposive sampling, yaitu pengambilan sampel secara sengaja oleh peneliti. Dari penelitian ini ditemukan bahwa usaha penjahit pakaian yang ada kedai lamnyong memiliki profesi dalam meningkatkan pendapatan usaha tailornya hal ini dapat dilihat dari modal, pendapatan, keterampilan dan pemasarannya, usaha penjahit pakaian ini juga memiliki berbagai kendala yaitu berhubungan dengan modal, alat perlengkapan menjahit, pemasaran serta pembukuan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ira Riski Autari Ira
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:24
Last Modified: 03 Nov 2022 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24087

Actions (login required)

View Item
View Item