Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Quantum Teaching and Learning dengan Media Flash Card di Kelas V MIN 39 Aceh Besar

Nurhaliza, 160209038 (2021) Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Quantum Teaching and Learning dengan Media Flash Card di Kelas V MIN 39 Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Quantum Teaching] Text (Quantum Teaching)
Nurhaliza, 160209038, FTK, PGMI, 085358679106.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Hasil belajar siswa masih rendah pada pembelajaran tematik khususnya tema peristiwa dalam kehidupan. Hal ini disebabkan pembelajarannya masih monoton, sehingga membuat siswa merasa bosan dan jenuh. Salah satu solusi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model Quantum Teaching and Learning dengan media Flash Card. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, siswa, dan hasil belajar dalam proses pembelajaran melalui menerapan model pembelajaran Quantum Teaching and Learning dengan media Flash Card pada tema Peristiwa dalam Kehidupan di kelas V MIN 39 Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas. Data hasil tes dan aktivitas dianalisis dengan menggunakan analisi deskriptif (persentase). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Quantum Teaching and Learning dengan media Flash Card pada kelas 5 MIN 39 Aceh Besar. Hal ini dapat dilihat pada hasil belajar siswa pada siklus I hasil belajar 46,66% tuntas dan 53,33% belum tuntas. Pada siklus II hasil belajar 73,33% tuntas dan 26,66% belum tuntas. Selanjutnya ada siklus III hasil belajar 93,33% tuntas dan 6,66% belum tuntas. Dengan aktivitas pembelajaran peserta didik pada siklus I nilainya 73,75%, siklus II 78,75% dan siklus III 92,5% dengan kategori sangat aktif. Aktivitas guru pada siklus I nilainya 75%, siklus II 80% dan siklus III 90% dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus ke III. Dengan demikian dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan aktivitas siswa dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching and Learning dengan media Flash Card di MIN 39 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurhaliza Liza
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:41
Last Modified: 03 Nov 2022 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24094

Actions (login required)

View Item
View Item