Strategi Guru Kelas dalam Pengembangan Bakat Minat Peserta di MIN 2 Ujung Baro Blangkejeren Gayo Lues

Maera Julike, 180206073 (2022) Strategi Guru Kelas dalam Pengembangan Bakat Minat Peserta di MIN 2 Ujung Baro Blangkejeren Gayo Lues. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Guru] Text (Strategi Guru)
Maera Julike, 180206073, FTK, MPI, 082273058615.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Strategi guru pada umumnya ialah suatu bagian dari tugas guru dalam menjalani tugasnya yang termasuk dengan penggunaan suatu metode dan pemanfaatan sumber daya atau kegiatan dalam pembelajaran yang berhubungan dengan sekolah maupun peserta didik. Salah satu tugas guru adalah mengembangkan bakat minat peserta didik. Hal ini penting untuk membantu kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik dalam proses pembelajaran, dikarenakan peserta didik tidak tahu potensi minat yang terdapat dalam dirinya dan kurang dukungan dengan kegiatan praktik di lapangan. Tentu banyak hal yang bisa dilakukan guru seperti memotivasi dan bimbingan. Bakat pada dasarnya adalah suatu kemampuan seorang untuk belajar dalam tempo relatif pendek, sedangkan minat suatu proses yang tetap memperhatikan dan memfokuskan diri pada suatu yang diminatinya dengan perasaan senang dan rasa puas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor pendukung, penghambat dan strategi guru kelas dalam pengembangan bakat minat peserta didik di MIN 2 Ujung Baro Blangkejeren Gayo Lues. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini guru wali kelas, guru kelas dan guru ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: strategi guru kelas dalam pengembangan bakat minat peserta didik di MIN 2 Ujung Baro Blangkejeren Gayo Lues terlihat dari beberapa aspek pertama faktor pendukung yaitu motivasi dari pendidik dan memberi bimbingan atau arahan. Faktor penghambat kurangnya fasilitas sarana dan prasarana dan kurang bergaulnya peserta didik dengan teman-teman yang memiliki bakat. Strategi guru memberikan perhatian, menjalin kerja sama dengan orang tua, dan memberi motivasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maera Julike Maera
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:43
Last Modified: 03 Nov 2022 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24097

Actions (login required)

View Item
View Item