Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert-Introvert di MTs

Azkia Ramadhani, 170205085 (2022) Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert-Introvert di MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert-Introvert di MTs] Text (Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert-Introvert di MTs)
Azkia Ramadhani, 170205085, FTK, PMA, 082273099965.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika agar siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki agar dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, baik permasalahan matematika maupun yang berkaitan dalam kehidupan. Proses berpikir memiliki peranan penting dalam menyelesaikan permasalahan. Proses berpikir setiap individu dapat berbeda-beda. Salah satunya adalah dipengaruhi oleh kepribadiannya. Oleh karena itu peneliti ingin menganalisis proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika yang ditinjau dari tipe kepribadiannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa berkepribadian extrovert dan juga introvert dalam memecahkan masalah matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak empat siswa dari MTsN 5 Pidie. Data yang digunakan adalah tes tertulis, angket, dan wawancara. Proses analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan masalah matematika siswa extrovert dan introvert tidak tampak perbedaan yang jelas, karena ketika mereka menyelesaikan masalah mereka menyelesaikannya menggunakan keempat tahapan pemecahan masalah. Namun saat menyelesaikan masalahnya, siswa introvert lebih tersruktur dan teliti, sementara siswa extrovert ada hal tertentu yang kurang teliti tetapi dia dapat menyelesaikannya dengan cara-cara tertentu sehingga membuat proses penyesesaiannya lebih singkat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Extrovert-introvert
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Azkia Rahmadhani Azkia
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:09
Last Modified: 04 Nov 2022 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24106

Actions (login required)

View Item
View Item