Resepsi Ayat-ayat Tentang Kesejahteraan Sosial Di Dinas Sosial Kota Banda Aceh

Khairul Faiz, 180303085 (2022) Resepsi Ayat-ayat Tentang Kesejahteraan Sosial Di Dinas Sosial Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Membahas tentang Resepsi Ayat-ayat Kesejahteraan Sosial] Text (Membahas tentang Resepsi Ayat-ayat Kesejahteraan Sosial)
Khairul Faiz, 180303085, IAT, FUF, 082274822810.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Kesejahteraan sosial merupakan permasalahan yang belum terselesaikan dengan baik, khususnya pada masalah kemiskinan. Alquran mengandung banyak ayat tentang konsep untuk mewujudkan kesejahteraan sosial. Realita saat ini, kondisi kesejahteraan sosial di Kota Banda Aceh belum terselesaikan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan masih tingginya angka kemiskinan. Upaya untuk mengatasi permasalahan kesejahteraan sosial tersebut dilaksanakan oleh Dinas Sosial Kota Banda Aceh. Penelitian ini ingin melihat bagaimana resepsi ayat-ayat tentang kesejahteraan sosial meliputi pemahaman dan implementasinya pada program kerja di Dinas Sosial Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pegawai Dinas Sosial Kota Banda Aceh secara umum memiliki pemahaman yang sama tentang aspek kesejahteraan sosial, tetapi berbeda penekanan pada penanganan kesejahteraan sosial, yaitu dengan memenuhi kebutuhan dasar, mengurangi beban masyarakat dan adanya jaminan sosial. Mereka mengetahui pihak yang layak mendapatkan bantuan dan perhatian sesuai dengan pesan yang terkandung di dalam Alquran. Namun belum memahami konsep kesejahteraan dalam Alquran secara menyeluruh. Kemudian, bentuk implementasi ayat-ayat tentang kesejahteraan sosial pada program kerja Dinas Sosial Kota Banda Aceh dapat dikelompokkan menjadi lima, yaitu: 1) Pemberdayaan Sosial, 2) Solidaritas Sosial, 3) Jaminan Sosial, 4) Rehabilitasi Sosial, 5) Peningkatan etos kerja.
Kata Kunci: Resepsi Alquran, Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.4 Kumpulan ayat-ayat dan surat-surat tertentu
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Khairul Faiz Faiz
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:09
Last Modified: 04 Nov 2022 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24107

Actions (login required)

View Item
View Item