Manajemen Perpustakaan Dalam Peningkatkan Literasi Peserta Didik Di Perpustakaan MAN 1 Lhokseumawe

Belia Zuhra, 180206065 (2022) Manajemen Perpustakaan Dalam Peningkatkan Literasi Peserta Didik Di Perpustakaan MAN 1 Lhokseumawe. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Manajemen Perpustakaan Dalam Peningkatkan Literasi Peserta Didik Di Perpustakaan MAN 1 Lhokseumawe] Text (Manajemen Perpustakaan Dalam Peningkatkan Literasi Peserta Didik Di Perpustakaan MAN 1 Lhokseumawe)
Belia Zuhra, 180206065, FTK, MPI, 085210548432.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia terus-menerus dilakukan melalui pendidikan di dalam maupun di luar sekolah. Salah satu sarana yang strategis dalam meningkatkan sumber daya manusia terutama dalam hal literasi adalah perpustakaan. Perpustakaan MAN Lhokseumawe sudah tergolong kedalam salah satu perpustakaan digital yang ada di kota Lhokseumawe namun dalam hal pengelolaan dan pengadaan bahan sumber bacaan masih kurang memadai sehingga minat literasi peserta didik juga masih sangat minim dikarenakan infrastrukturnya masih belum tersedia dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan perpustakaan dalam peningkatan literasi peserta didik di MAN Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala perpustakaan, staf perpustakaan selaku pembina klub literasi dan peserta didik MAN Lhokseumawe. Hasil penelitian ini antara lain: (1) Perencanaan yang dilakukan pihak perpustakaan dalam peningkatan literasi peserta didik di MAN Lhokseumawe, sebagai berikut merencanakan strategi pembiasaan membaca kepada seluruh peserta didik, pembentukan tim literasi dan diikut sertakan dengan program-program yang direncanakan seperti bedah buku, seminar, diskusi dan juga publik speaking yang mendukung dalam peningkatan literasi peserta didik. (2) Tata pelaksanaan yang dilakukan oleh pihak perpustakaan dalam peningkatan literasi peserta didik sebagai berikut, dalam hal pengadaan buku sampai pelayanan yang diberikan perpustakaan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna jasa, namun ketersediaan bahan bacaan yang disediakan masih terbatas, pihak perpustakaan hanya menyediakan buku pelajaran, dan hanya beberapa novel maupun bahan buku bahan bacaan lain yang ada di perpustakaan. Pelaksanaan program-program literasi seperti seminar psikologi, diskusi filsafat, bedah buku ilmuwan, dan juga publik speaking bersama tim literasi youthinker MAN Lhokseumawe. (3) Kendala yang dihadapi pihak perpustakaan dalam peningkatan literasi peserta didik ada dua diantaranya yang pertama dari internalnya yaitu infrastruktur dan sarananya yang masih belum memadai dan yang kedua berasal dari eksternalnya yaitu disiplin waktu, dan minat peserta didik yang masih kurang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Belia Zuhra
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:37
Last Modified: 04 Nov 2022 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24109

Actions (login required)

View Item
View Item