Analisis Pemahaman Investor Terkait Mekanisme Transaksi Saham Menggunakan Shariah Online Trading System (SOTS) (Studi Pada Mahasiswa Investor Sekuritas IPOT di GIS FEBI UIN Ar-Raniry)

Salsabila, 180602196 (2022) Analisis Pemahaman Investor Terkait Mekanisme Transaksi Saham Menggunakan Shariah Online Trading System (SOTS) (Studi Pada Mahasiswa Investor Sekuritas IPOT di GIS FEBI UIN Ar-Raniry). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Shariah Online Trading System] Text (Shariah Online Trading System)
Salsabila, 190602196, FEBI, ES, 082266103475.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berinvestasi merupakan salah satu kegiatan muamalah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Namun sebelum berinvestasi setiap calon investor harus mempunyai pemahaman yang cukup terkait dunia investasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa investor GIS FEBI tentang Shariah Online Trading System (SOTS) serta untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan oleh galeri investasi Syariah FEBI dalam memberikan pemahaman yang tepat kepada para investor. Metode yang digunakan adalah menggunakan mixed methode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman investasi mahasiswa investor pada GIS FEBI terkait mekanisme transaksi saham menggunakan SOTS termasuk dalam kategori rendah yaitu sebesar 54,5%. Selanjutnya diperkuat dengan hasil analisis data kualitatif yang juga diperoleh bahwa pemahaman investor di GIS FEBI Universitas Islam Negeri Ar-Raniry dikategorikan dalam tingkat pemahaman menerjemahkan yang merupakan tahapan pemahaman paling rendah. Langkah-langkah yang dilakukan oleh segenap pengurus GIS FEBI dalam memberikan pemahaman yang tepat kepada para investor yaitu melalui kegiatan seperti sosialisasi, edukasi serta diskusi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Salsabila Bila
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:42
Last Modified: 04 Nov 2022 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24110

Actions (login required)

View Item
View Item