Analisis Politik Milenial Perspektif Siswa SMA Terhadap Partai Politik Lokal Di Banda Aceh Menjelang Pemilu 2024

Fadliansyah, 160801087 (2022) Analisis Politik Milenial Perspektif Siswa SMA Terhadap Partai Politik Lokal Di Banda Aceh Menjelang Pemilu 2024. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Politik Milenial Perspektif Siswa SMA Terhadap Partai Politik Lokal Di Banda Aceh Menjelang Pemilu 2024] Text (Analisis Politik Milenial Perspektif Siswa SMA Terhadap Partai Politik Lokal Di Banda Aceh Menjelang Pemilu 2024)
Fadliansyah, 160801087, FISIP, IPOL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Partai lokal dianggap lebih mampu untuk memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan yang sempit. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh (UUPA) pada Bab XI Partai Politik Lokal Pasal 75 ayat (1) menentukan bahwa penduduk di Aceh dapat membentuk partai lokal. Sementara itu berdasarkan survei penduduk BPS 2020, jumlah pemilih milenial terus bertambah. Saat ini KPI Kota Banda Aceh mengungkapkan bahwa kesuksesan pemilu ditentukan oleh pemilih milenial Kota Banda Aceh, oleh karena itu pemilih milenial diharapkan lebih sering mencari informasi terkait pemilu dan partai politik lokal serta aktif menggunakan sosial media untuk memupuk informasi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemahaman pemilih pemula (Siswa SMA) dan indikator yang mempengaruhi pilihan pemilih pemula (Siswa SMA) terhadap partai lokal di Banda Aceh menjelang Pemilu 2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap partai politik lokal di Banda Aceh masih sangat rendah, karena kurangnya informasi yang mereka dapatkan. Selain itu adanya indikator seperti citra partai, visi, dan misi partai politik lokal juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh mereka dalam menentukan pilihannya saat pemilu 2024. Persepsi siswa terhadap partai politik lokal di Banda Aceh didorong oleh adanya faktor yaitu faktor internal seperti kesadaran diri mereka atau motivasi dalam mencari informasi dan faktor eksternal seperti keluarga, lingkungan, dan teman sejawat. Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan adanya faktor internal dan eksternal dapat membantu seseorang membangun persepsi, dan penting bagi setiap partai lokal untuk menciptakan visi, misi, dan citra positif sebelum mengikuti pemilu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Fadliansyah Fadli
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:59
Last Modified: 04 Nov 2022 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24116

Actions (login required)

View Item
View Item