Pengaruh Permainan Detektif Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun di RA Darul Hikmah Kab. Aceh Besar

Mouliati, 1602010002 (2022) Pengaruh Permainan Detektif Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun di RA Darul Hikmah Kab. Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Keaksaraan Awal] Text (Keaksaraan Awal)
Mouliati, 160210002, FTK, PIAUD, 085261065029.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal di RA Darul Hikmah Kab.Aceh Besar terlihat bahwa keaksaraan awal masih kurang dikarenakan sebagian dari anak belum mampu mengucapkan huruf atau simbol baik secara acak atau berurut-urutan. Masih ada sebagian dari anak dalam pengucapan huruf atau kata yang salah atau pengenalan huruf vokal dan konsonan anak juga masih rendah dan sulit membedakan bentuk, menemukan huruf dan memahami huruf. Media yang digunakan dalam pembelajaran hanya berfokus pada papan tulis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah permainan detektif huruf berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun di RA Darul Hikmah Kabupaten Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan detektif huruf untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun di RA Darul Hikmah Kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimental Design dengan pendekatan kuantitatif yaitu One Group Pre-test and Post-test Design. Teknik analisis data digunakan adalah teknik uji normalitas, uji t dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukkan data pre-test diperoleh nilai rata-rata 43% dalam kategori Mulai Berkembang (MB) dan post-test diperoleh nilai rata-rata 77,2 % dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil pengujian hipotesis uji-t yaitu thitung lebih besar dari pada ttabel berarti thitung >ttabel yaitu 25,47>1,69. Dengan demikian, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha berbunyi pengaruh permainan detektif huruf berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan keaksaraan awal usia 5-6 tahun di RA Darul Hikmah Kab. Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Mouliati Mouli
Date Deposited: 07 Nov 2022 02:32
Last Modified: 07 Nov 2022 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24127

Actions (login required)

View Item
View Item