Persepsi Masyarakat Terhadap Dana BantuanLangsung Tunai (BLT) dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Masyarakat Kecamatan Glumpang Baro Kabupaten Pidie)

Leni Safira, 160602169 (2021) Persepsi Masyarakat Terhadap Dana BantuanLangsung Tunai (BLT) dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Masyarakat Kecamatan Glumpang Baro Kabupaten Pidie). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perspektif Ekonomi Islam] Text (Perspektif Ekonomi Islam)
Leni Safira, 160602169, FEBI, ES, 085211184511.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Bantuan Langsung Tunai (bahasa Inggris: cash transfers) atau disingkat BLT adalah program bantuan pemerintah berjenis pemberian uang tunai atau beragam bantuan lainnya, baik bersyarat (conditional cash transfer) maupun tak bersyarat (unconditional cash transfer) untuk masyarakat miskin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Persepsi masyarakat terhadap dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) dalam upaya meningkatkan perekonomian keluarga menurut perspektif ekonomi Islam di kecamatan Glumpang Baro kabupaten Pidie. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 284 masyarakat penerima BLT yang diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensi Uji MannWhitney. Penelitian menemukan bahwa dimensi persepsi manfaat menjadi persepsi paling kompoten bagi masyarakat. Berikutnya, dimensi persepsi keadilan dan dimensi persepsi keterbukaan informasi, sebaliknya dimensi persepsi proses penyaluran berada urutan terakhir. Hasil uji Man-Whitney mengindikasikan perbedaan umur, pekerjaan, status perkawinan, tingkat pendidikan dan frekuensi menerima BLT tidak menyebabkan adanya perbedaan persepsi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian keluarga menurut perspektif ekonomi Islam. Perbedaan jenis kelamin, jumlah anggota keluarga dan pendapatan rata-rata per bulan menyebabkan perbedaan persepsi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian keluarga menurut perspektif ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Leni Safira Leni
Date Deposited: 07 Nov 2022 02:42
Last Modified: 07 Nov 2022 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24128

Actions (login required)

View Item
View Item