Pengembangan Media Flashcard Dalam Pembelajaran IPA di Kelas V MIN 5 Kota Banda Aceh

Henny Lailusmi, 180209033 (2022) Pengembangan Media Flashcard Dalam Pembelajaran IPA di Kelas V MIN 5 Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Flashcard] Text (Flashcard)
Henny Lailusmi, 180209033, FTK, PGMI, 082369513523.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di lapangan yaitu analisis masalah dan analisis kebutuhan di MIN 5 Kota Banda Aceh dalam proses pembelajaran sumber belajar yang digunakan hanya menggunakan buku paket tema tanpa adanya variasi media yang mendukung, hal tersebut menyebabkan peserta didik tidak tertarik untuk menyimak penjelasan pendidik. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan peneliti yaitu mengembangkan media pembelajaran flashcard agar peserta didik tidak jenuh dan tertarik untuk menyimak penjelasan materi pembelajaran dari pendidik. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan media flashcard dalam IPA di kelas V MIN 5 Kota Banda Aceh; (2) untuk menganalisis kelayakan media flashcard di kelas V MIN 5 Kota Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah Reseach and Development (R&D), dengan menggunakan model ADDIE. Tahapan pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu: analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran flashcard dalam pembelajaran IPA di Kelas V MIN 5 Kota Banda Aceh sudah memenuhi kategori sangat layak berdasarkan penilaian validasi ahli media dengan presentase 89,45%. Hasil penilaian validasi materi mencapai presentase 95% berada dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flashcard pada pembelajaran IPA di kelas V MIN 5 Kota Banda Aceh sangat layak untuk dikembangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Henny Lailusmi Henny
Date Deposited: 07 Nov 2022 02:56
Last Modified: 07 Nov 2022 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24130

Actions (login required)

View Item
View Item