Sistem Pengupahan Buruh Batu Bata Menurut Perspektif Ekonomi Islam Dalam Peningkatan Kesejahteraan Buruh (Studi Pada Pabrik Batu Bata Mudah Rezeki Desa Meunasah Dayah Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen)

Rini Afriani, 160602206 (2022) Sistem Pengupahan Buruh Batu Bata Menurut Perspektif Ekonomi Islam Dalam Peningkatan Kesejahteraan Buruh (Studi Pada Pabrik Batu Bata Mudah Rezeki Desa Meunasah Dayah Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Sistem Pengupahan Buruh Batu Bata Menurut Perspektif Ekonomi Islam Dalam Peningkatan Kesejahteraan Buruh] Text (Sistem Pengupahan Buruh Batu Bata Menurut Perspektif Ekonomi Islam Dalam Peningkatan Kesejahteraan Buruh)
Rini Afriani, 160602206, FEBI, ES, 082279938087.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Saat ini banyak terjadi praktek pengupahan yang diterapkan oleh pengusaha terhadap pekerja dan membuat protes para buruh atas ketidakpuasan pekerja karena balas jasa dari pengusaha. Akan tetapi ada juga pekerja yang menerima upah karena dorongan akan kebutuhan hidup yang sulit. Tujuan penelitian untuk melihat penerapan nilai Ekonomi Islam pada sistem pengupahan dan kesejahteraan buruh pabrik batu bata “Mudah Rezeki” dengan upah yang diberikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa sistem pengupahan buruh di pabrik batu bata Mudah Rezeki menggunakan sistem hasil dimana buruh mendapatkan upah berdasarkan hasil yang di produksi. Hasil menunjukkan, sistem pengupahan yang diterapkan di pabrik Mudah Rezeki sudah sesuai dengan Ekonomi Islam. Hal ini dilihat dari sistem pemberian upah sudah memenuhi konsep adil karena antara buruh yang memiliki jenis pekerjaan yang berbeda-beda. Dan upah yang diberikan sudah sesuai standar Upah Minimun Provinsi (UMP) Aceh. Sehingga tingkat kesejahteraan buruh pabrik Mudah Rezeki dapat dikatakan sejahtera.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Rini Afriani Rini
Date Deposited: 07 Nov 2022 03:11
Last Modified: 07 Nov 2022 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24131

Actions (login required)

View Item
View Item