Pengaruh Input Produksi, Luas Lahan Dan Akses Permodalan Terhadap Pendapatan Petani Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Petani Jagung di Kecamatan, Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan)

Tilva Anggraini Saputri, 160602192 (2022) Pengaruh Input Produksi, Luas Lahan Dan Akses Permodalan Terhadap Pendapatan Petani Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Petani Jagung di Kecamatan, Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Input Produksi, Luas Lahan Dan Akses Permodalan Terhadap Pendapatan Petani Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam] Text (Pengaruh Input Produksi, Luas Lahan Dan Akses Permodalan Terhadap Pendapatan Petani Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam)
Tilva Anggraini Saputri, 160602192, FEBI, ES, 082167634210.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Pendapatan petani saat ini merupakan masalah yang sangat serius karena pendapatan yang diperoleh selalu mengalami pasang-surut yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti input produksi, luas lahan dan akses permodalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh input produksi, luas lahan dan akses permodalan terhadap pendapatan petani di Kecamatan Kluet Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis liniear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah petani jagung yang ada di Kecamatan Kluet Selatan dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 80 petani dengan menggunakan rumus slovin. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara simultan input produksi, luas lahan, dan akses permodalan berpengaruh terhadap pendapatan petani. Hal ini dilihat dari nilai F hitung sebesar 123,516 dengan probabilitas signifikansi 0,000. Secara parsial input produksi dan luas lahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan petani sedangkan akses permodalan tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Tilva Anggraini Saputri Tilva
Date Deposited: 07 Nov 2022 03:11
Last Modified: 07 Nov 2022 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24132

Actions (login required)

View Item
View Item