Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMAN 1 Teunom Aceh Jaya

Rena Fahlevi, 160207158 (2022) Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMAN 1 Teunom Aceh Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMAN 1 Teunom Aceh Jaya] Text (Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMAN 1 Teunom Aceh Jaya)
Rena Fahlevi, 1602071528, FTK, PBL, 085226661927.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Dampak yang mempengaruhi rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran biologi dipengaruhi stratgei pembelajaran kurang menarik. Penerapan model pembelajaran di kelas merupakan suatu cara seorang pendidik untuk menarik siswa agar termotivasi dalam belajar sekaligus meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar dan hasil siswa SMAN 1 Teunom Aceh Jaya setelah menggunaan model pembelajaran discovery learning pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA1 sebagai kelas eskperimen berjumlah 25 siswa dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol berjumlah 25 siswa. Instrumn yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari soal dan angket motivasi. Teknik analisis data adalah persentase, analisis N-gain, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMAN 1 Teunom. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMAN 1 Teunom. Hasil analisis rata-rata motivasi belajar siswa setelah menggunakan model discovery learning diperoleh skor rata-rata mencapai 84% termasuk dalam kategori sangat baik. Penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMAN 1 Teunom. Hasil uji t diperoleh nilai t_hitung > t_tabel yaitu 5,14 > 2,01, maka Ha diterima, artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa SMAN 1 Teunom melalui penerapan model pembelajaran discovery learning pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rena Fahlevi
Date Deposited: 08 Nov 2022 02:27
Last Modified: 08 Nov 2022 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24135

Actions (login required)

View Item
View Item