Pemberdayaan Ekonomi pada Yayasan Pendidikan Islam (YPI) (Studi Kasus Pondok Pesantren Darusa’adah Teupin Raya Kecamatan Geulumpang Tiga Kabupaten Pidie)

Rayhanum Munira, 170602139 (2021) Pemberdayaan Ekonomi pada Yayasan Pendidikan Islam (YPI) (Studi Kasus Pondok Pesantren Darusa’adah Teupin Raya Kecamatan Geulumpang Tiga Kabupaten Pidie). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Koperasi] Text (Koperasi)
Rayhanum Munira, 170602139, FEBI, ES, 082246676188 (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang berkembang di tengah masyarakat. Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi pada Pondok Pesantren Darusa’adah dilakukan untuk mewujudkan masyarakat mampu dalam memenuhi kebutuhannya. Penelitianm ini bertujuan meneliti pemberdayaan ekonomi pada yayasan pendidikan Islam di pondok Pesantren Darusa’adah Teupin Raya Kecamatan Geulumpang Tiga Kabupaten Pidie. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kualitatif berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pondok Pesantren Darusa’adah memiliki potensi pengembangan ekonomi yang baik. Bentuk pemberdayaan ekonomi pada Pondok Pesantren Darusa’adah melalui Koperasi Pondok Pesantren (Koppontren) yaitu adanya kerja sama antara masyarakat dan Koppontren pada unit usaha kantin, unit usaha toko yang disewakan, dan unit usaha lainnya. Dampak dari kerjasama tersebut yaitu terwujudnya kondisi ekonomi pesantren yang baik seperti mampu membeli kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder, menabung sehingga memperkuat sektor keuangan pondok pesantren untuk membangun dan mengembangkan Pondok Pesantren Darusa’adah. Sedangkan dalam bidang sosial, masyarakat yang berada di sekitar pesantren memiliki kebebasan berkerjasama dengan pihak pondok pesantren dalam hal jual beli sehingga saling menguntungkan dalam segi ekonomi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Rayhanum Munira Rayhan
Date Deposited: 08 Nov 2022 02:33
Last Modified: 08 Nov 2022 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24136

Actions (login required)

View Item
View Item