Analisis Implementasi Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Pada Pelayanan Teknik PLN ULP Lambaro

Ulil Azmi, 170211023 (2022) Analisis Implementasi Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Pada Pelayanan Teknik PLN ULP Lambaro. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Implementasi Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Pada Pelayanan Teknik PLN ULP Lambaro] Text (Analisis Implementasi Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Pada Pelayanan Teknik PLN ULP Lambaro)
Ulil Azmi, 170211023, FTK, PTE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) adalah dua perkara penting yang perlu diperhatikan oleh setiap pribadi yang bekerja. Pekerjaan pemeliharaan distribusi listrik adalah pekerjaan transmisi dan jaringan listrik yang sangat potensial mengandung resiko kecelakaan kerja. Tingkat kesulitan pekerjaan tersebut pada umumnya dapat menimbulkan kerentanan dalam Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Kecelakaan yang menimpa pekerja dalam kasus kecelakaan kerja yang sering dialami para pekerja seperti tersenggat arus listrik dan jatuh dari ketinggian pada saat melakukan pekerjanya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan dan respon pekerja itu sendiri terhadap penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan metodologi deskritif kuantitatif dengan instrumen wawancara, observasi, dan angket skala likert. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel yaitu 10 orang pekerja. Analisis data dilakukan untuk melihat respon pekerja terhadap penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja sudah diterapkan dengan baik. Bukti ini terlihat dari hasil analisa angket, observasi dan wawancara. Bukti lain yaitu data hasil respon pekerja terhadap penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja menunjukkan 90,1% sangat layak. Karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang diterapkan pada Pelayanan Teknik PLN ULP Lambaro sudah terlaksana dengan baik dan memenuhi SOP K3 yang berlaku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya > 361.4 Pekerjaan kelompok
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Ulil Azmi Ulil
Date Deposited: 08 Nov 2022 02:43
Last Modified: 08 Nov 2022 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24138

Actions (login required)

View Item
View Item